BRANGOL.NGAWIKAB.ID — Lantunan takbir menggema di Masjid Nurul Hidayah Dusun Puntuk Desa Brangol Karangjati Ngawi, seiring prosesi pemotongan hewan kurban yang berlangsung seusai shalat Idul Adha, Minggu (11/08/19). Panitia Kurban dengan menggunakan seragam Kaos oranye oranye mulai berdatangan untuk melaksanakan tugasnya. Dengan berseragam bisa memudahkan kinerja panitia dalam pendistribusian daging kurban

Panitia kurban Masjid Nurul Hidayah

Hari ini, di Masjid Al-Hidayah menyembelih 2 ekor sapi dan 8 ekor kambing. 350 kupon untuk 350 KK telah disiapkan agar nantinya, warga sekitar dapat menerima daging kurban seberat 1 kilo dengan tertib.

“Mau lihat penyembelihan kurban,” kata salah seorang warga sekitar masjid , Marmin Simorang (36) tahun kepada Panitia.

Ia dan warga lainnya menunggu sejak sekitar pukul 07.00 WIB bersamaan matahari yang beranjak terik. Dikatakannya, sistem pembagian daging kurban di Masjid Nurul Hidayah selalu tertib makanya ia tidak merasa khawatir tidak kebagian.

Pantauan di lapangan, Panitia Kurban melaksanakan tugasnya dengan tenang dan tertib. Mereka kerja sama dengan kompak, ada yg memotong daging, ada yang menimbang, dan ada yang membungkus daging. Tidak ada antrian masyarakat untuk minta jatah pembagian daging kurban, karena sebelumnya sudah di data Panitia. Warga cukup menunggu di rumah masing masing.

“Memang sejak Empat tahun lalu sistemnya begini, kita tidak membuat warga antri dan kroyokan, cukup di tunggu di rumah,” kata Ketua Panitia Pembagian Daging Kurban Nur Ali Mafud.

Pengaturan tersebut, kata Nur Ali Mafud, atau yang biasa di panggil Mas Nur bertujuan mencegah saling dorong, saling cemburu rasa keadilan antar warga, serta memudahkan pendistribusian. Jangan sampai Panitia tidak mengetahui ada warga yang kelewatan tidak di data

“Warga harus nyaman, menikmati suasana kurban agar tidak ada korban, warga itu juga kan bagian dari keluarga besar kita,” paparnya.

Setelah Semua Kegiatan selesai, yakni sekitar ba’da dzuhur, daging pun akan mulai dibagikan secara bertahap kepada para warga . Jika pada pembagian nanti, masih ada warga yang ingin mendapat daging, dan memang daging tersebut masih ada, Panitia Masjid Al-Hidayah telah menyiapkan cadangan. (Masabas)

.

Share and Enjoy !

Shares