BRANGOL.NGAWIKAB.ID — Kehebohan terdengar riuh dari Jalan Desa sepanjang lebih kurang 50 meter . Di sanalah warga RT03, RT04, RT 05, RT 06/RW01 Dusun Puntuk, Brangol, Karangjati, Ngawi, mengadakan perlombaan untuk merayakan kemerdekaan Republik Indonesia. Yang di laksanakan mulai tgl 5 sd 8 Agustus 2019.

Sedikit berbeda dengan perlombaan khas kemerdekaan lainnya, warga 4 RT ini tidak mengadakan lomba panjat pinang. Perlombaan juga tidak dilakukan siang hari, tapi di malam hari dengan penerangan lampu warna warni.

Perlombaan seperti balap kelereng makan kerupuk, Balap Karung, makan kacang atom, sunggi tampah, gendong rinjing, nangkap bebek, dan lain-lain dengan peserta anak-anak dan dewasa.

Lomba Nangkap Bebek misalnya. Dalam permainan ini, Emak emak masuk ke dalam kandang dengan mata tertutup kemudian berlomba menangkap bebek dengan cepat. Permainan berlangsung dengan peserta yang berusaha secepat mungkin menangkap bebek.
Tingkah emak emak ini pun mengundang gelak tawa. Sebab, para peserta berusaha dengan segala cara, tangan di rentangkan , berjalan jongkok, hingga berguling-guling. Lucunya lagi, karena peserta dalam posisi di tutup yang di tangkap kaki temannya , mereka jatuh bangun pontang panting mengejar bebek sampai ada peserta yang berhasil menangkap.

Selain dewasa, panitia juga membuat lomba untuk anak anak dan bapak-bapak. Permainan yang disediakan juga beragam, menyesuaikan pada pesertanya. Misalnya, untuk lomba makan krupuk untuk bapak bapak, Seru sekali melihatnya.
Dijelaskan wakil panitia acara, Mas Darto atau yang biasa di sapa mas Gareng, tidak ada alasan khusus dalam pemilihan lomba. Ia dan panitia hanya mempersiapkan lomba-lomba yang membutuhkan dana minim, tapi seru dimainkan dan mengundang gelak tawa.

“Lombanya hasil musyawarah sama panitia semua, yang umum, yang beda, yang unik, tapi seru dan juga semua peserta dapat hadiah ” kata Gareng

Penilaian positif juga disampaikan warga. Salah satunya adalah Bu Anik bidan yang jatuh bangun kalah ikut lomba nangkap bebek .
Disebutkannya, kegiatan semacam ini dapat mempererat tali persaudaraan dengan tetangga, rukun dan jadi semakin kompak satu sama lain.Bagi para peserta, terutama anak-anak, perlombaan semacam ini juga punya nilai positif.

“Ya, bagus. Kita bisa kumpul dengan tetangga penuh keakraban, anak anak juga berlomba dengan senang dan sportif, pokoke puncak kegiatan 17an makan makan bareng di Jalan biar spektakuler ” tuturnya.

Menyemarakkan kemerdekaan juga tak sekadar perlombaan. RT03,04,05,06 punya gaya menarik dalam merayakan kemerdekaan Indonesia. Di jalan2 paving sekitar tempat kegiatan perlombaan ini diadakan, di cat warna warni, warga menggambarkan logo resmi perayaan kemerdekaan Indonesia, lengkap dengan slogannya. (Masabas)

Share and Enjoy !

Shares