BRANGOL.NGAWIKAB.IDI – Merayakan HUT ke-74 RI identik dengan kehadiran nasi tumpeng. Tidak mau ketinggalan warga dari 4 RT di RW 01 Dusun Puntuk , Desa Brangol Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi mengadakan tumpengan massal yang digelar di Jalanan Desa, Jumat (16/8/2019) malam. Kegiatan ini pertama kali di laksanakan sebagai Puncak HUT RI yang di laksanakan 4 RT dan juga merupakan Malam Tirakatan  dan sedekah bumi sebagai rasa syukur kepada Tuhan atas nikmatnya Kemerdekaan.

“Warga dari beberapa RT membaur bersama dengan membawa hasil tumpengan buatannya dan ngumpul bareng di sini (Jalan Desa RT 3,4,5,6 ),” kata Diman, warga RT 05, yang dari sore sibuk menyiapkan tikar dan daun pisang, bersama warga lainnya

Mulai balita, anak-anak, remaja hingga para orang tua duduk tertib di atas tikar plastik atau terpal dan tikar. Di depan mereka tersedia puluhan tumpeng dengan berbagai jenis dan variasi yang memenuhi ruas jalan sekitar 50 meter. Warga yang berada di lingkungan ini tampak kompak.

Menyanyikan lagu Indonesia Raya

Menurut Murni Handayayani atau yang biasa di sapa Anik, tumpengan massal dan dimakan bersama-sama ini baru pertama di laksanakan oleh warga setempat dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI. Tumpengan tersebut diyakini warga sebagai sedekah bumi yang merupakan perwujudan rasa terima kasih dan bersyukur kepada Sang Maha Kuasa atas nikmat Kemerdekaan.

“Kemerdekaan itu suatu nikmat yang tiada terkira, sehingga kita bisa seperti ini. Untuk itu kita wajib bersyukur dan semakin kompak dalam kehidupan bermasyarakat,” timpal Sukidin, sesepuh warga sekaligus yang memimpin tahlil dan doa.

Anik menambahkan ia bersama warga lainnya patungan untuk membuat tumpeng dengan modal seadanya. Ada yang menyumbang mulai Rp30.000 hingga Rp50.000. Dana yang terkumpul antara lain untuk membuat tumpeng sebanyak banyaknya dengan lauk pauk sederhana dan di hias sedemikian rupa sehingga tampil cantik dan menarik.

Warga 4 RT Dusun Puntuk mengadakan Tumpengan Massal

Wakil Panitia Kegiatan Lingkungan ini, Darto Gareng menjelaskan kegiatan membuat tumpengan massal dari beberapa RT untuk menyemarakkan Kemerdekaan RI ke 74

“Semoga kebersamaan warga dengan membuat tumpengan massal ini dapat berkelanjutan di tahun depan dengan lebih meriah lagi,” ungkapnya senang.

Sebelum warga menikmati bersama tumpengan yang tersaji, mereka dikomando panitia menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di lanjutkan tahlil Serta ditutup doa.

Tumpengan warga RT O5 Dusun Brangol

Kepala Desa Brangol, Harun Alrasyid, SE yang hadir di acara tersebut mengaku sangat mengapresiasi inisiatif warga 4 RT ini dengan mengadakan tumpengan bersama. “Semoga kegiatan ini semakin membuat warga kompak, sejahtera dan aktif dalam mendukung pembangunan lingkungan dan Desa,” katanya dengan di dampingi Kepala Dusun Puntuk, Sumarji. Selain dipusatkan di Jalan Desa 4 RT ini, ada beberapa warga yang membuat kegiatan serupa di Jalan Desa di lingkungan Dusun Brangol. (Masabas)

Share and Enjoy !

Shares