BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Dinas Kominfo Kabupaten Ngawi melalui bidang layanan e-gov menyelenggarakan pelatihan website desa hari Kamis, 21 November 2019 yang pada kali ini diikuti oleh 5 desa dan dilaksanakan di ruang kantor Kecamatan Pangkur, 5 desa tersebut diantaranya adalah Desa Paras, Desa Waruk Tengah, Desa Pangkur, Desa Pohkonyal dari Kecamatan Pangkur, dan Desa Brangol Kecamatan Karangjati.

Para peserta Bimtek operator Website Desa bersama relawan TIK (dok.des.id-ft.kominfo)

Bimtek ini dibuka secara resmi oleh Camat Kecamatan Pangkur yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Pangkur, Bapak Sukadi, S.Pd. dan dihadiri Tim dari Dinas Kominfo dan Relawan TIK Kabupaten Ngawi. Dalam sambutannya Bapak Sukadi, S.Pd. yang juga seorang dalang kondang ini mengucapkan selamat kepada 5 Desa yang bisa mengikuti kelanjutan Web Desa, bahwa di era sekarang semua bantuan keuangan langsung di fokuskan ke Desa. Desa harus benar – benar siap dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) karena menjadi kekuatan perubahan terbesar dalam membuka pintu pengetahuan dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat termasuk penyebaran informasi kepada masyarakat.

Sekretaris Kecamatan Pangkur, Bapak Sukadi, S.Pd memberikan sambutan dalam rangka Bimtek website Desa
(dok.des.id-ft.kominfo)

Masing – masing desa diwakili oleh 2 perangkat yaitu Operator Website Desa dan Kaur Pendamping baik dari Kaur Perencanaan atau Kaur Keuangan dan Dalam bimtek tersebut hadir sebagai operator website Desa Brangol Sdr. Basuki, S.Sos atau Mas Abas yang juga sebagai Sekretaris Desa Brangol bersama Sdr. Riska Eko Prastyo, S.Pd Kepala Urusan Perencanaan yang akan aktif dalam memasukkan APBDes dan P-APBDes setiap tahunnya sebagai wujud transparansi keuangan desa.

Sedangkan bagi Operator Website Desa pada sesi berikutnya diadakan sesi pelatihan tingkat menengah diantaranya yaitu :
1. Bekerja dengan Editor WP terbaru/ Guttenberg;
2. Create/ Edit Menu dan Sub Menu;
3. Create/ Edit Page;
4. Optimalisasi Penulisan Artikel/ Post;
5. Pengelolaan Gambar/ Foto;
6. Optimalisasi Pengelolaan SEO & Penggunaan Meta Tag;
7. Membuat Video dan Posting via Youtube;
8. Merubah/create editor web desa di artikel web desa ke nama operator web desa.

Peserta Bimtek website desa foto bersama setelah selesai selesai pelaksanaan (dok.des.id-ft.kominfo)

Pihak Dinas Kominfo Kabupaten Ngawi dalam hal ini diwakili oleh Kasie Pengembangan Ekosistem e-Gov Noor Soemadijo, S.H menyampaikan dalam sambutannya untuk terus meningkatkan pengelolaan website desa agar potensi desa di Kabupaten Ngawi secara keseluruhan bisa semakin dikenal luas.Dari perwakilan peserta Bimtek dalam hal ini di wakili Sdr. Basuki menyampaikan terima Kasih Kepada Dinas Kominfo Kabupaten Ngawi yang telah melaksanakan Bimtek operator Website desa. Sebagai kritik dalam Bimtek kemarin agar pelaksanaan Bimbingan ke depan di siapkan secara matang agar pelaksanaan berjalan lancar tanpa kendala tehnis apapun. (bas)

Share and Enjoy !

Shares