BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Musim penghujan sudah mulai tiba, Himpunan petani pemakai air Dusun Puntuk Desa Brangol kerja bakti memperbaiki tanggul saluran primer Yang ada di wilayah Desa Brangol Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi. pada Kamis, (14/11/2019) pagi hingga siang, Kegiatan tersebut dilaksanakan guna mengantisipasi terjadinya tanggul jebol, sehubungan datangnya musim hujan.

Para Petani yang tergabung dalam Hippa gotong royong urug tanggul sungai (dok.des.id/foto-bas)

Ketika dikonfirmasi ketua Himpunan Petani Pemakai Air (Hippa) Desa Brangol Nur Ali Mafut mengatakan kegiatan melaksanakan kegiatan kerja bakti yang berada di bangunan plengsengan saluran primer Desa Brangol merupakan kegiatan rutinitas tahunan sebelum masa tanam. “Jika sewaktu-waktu sungai meluap, luapannya tidak sampai mengakibatkan banjir ke area persawahan warga .” jelas Nur Ali.

Nur Ali Mafut, Ketua Hippa Desa Brangol (dok.des.id/foto-bas)

Sejumlah petani yang tergabung dalam anggota HIPPA mengisi karung dengan tanah, mengambil tanah urug di area persawahan dan di angkut dengan kereta sorong atau Angkong sebagai penguat tanggul guna menahan luberan air sungai. Dengan menata ditempat tempat yang rawan jebol. Tujuannya agar, ketika hujan turun, air tersebut tidak meluber ke persawahan milik warga.( Masabas )

Joko Murdani mewakili Perangkat Desa Brangol ikut Kerja Bhakti(dok.des.id/foto-bas)
Ketua Hippa ikut turun gunung, memperbaiki tanggul sungai(dok.des.id/foto-bas)

Share and Enjoy !

Shares