BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Industri kerajinan masih menjadi salah satu industri favorit masyarakat di Desa Brangol selain bekerja di bidang pertanian dan perkebunan. Salah satunya adalah industri kerajinan dari ukiran Kayu Mas Siswo yang berlokasi di Dusun Puntuk, Desa Brangol, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi(19/01/20).

Mas Siswo Si rambut pirang, sedang mengukir(dok.des.id-ft.purwo)

Orangnya humoris dan ceplas ceplos dengan ciri khas rambut pirang, wow Tukang ukir gaul, itulah Mas Siswo, 40 Tahun. Sebagai tukang ukir adalah profesi yang tidak banyak bagi warga desa Brangol yang dikenal masyarakatnya sebagian besar bertani. Tetapi, itulah profesi yang sampai saat ini masih dijalani Siswo seorang alumni Sekolah Menengah Industri Kerajinan Pacitan Tahun 1998 silam.

Pintu Ukiran, salah satu hasil ukiran Mas Siswo (dok.des.id-ft.sw)

Pekerjaan yang dijalani kurang lebih hampir 15 tahun dengan penuh tanggung jawab untuk menafkahi keluarganya. Untuk bahan baku produksinya menggunakan kayu-kayu lokal seperti Jati, dan Kayu Mahoni. Industri ukiran ini masih menggunakan peralatan yang tradisional dalam pembuatan kerajinan seperti palu dan pahat namun juga dipadukan dengan mesin-mesin modern seperti provil, serut dan bor modern

Ukiran Keris hasil karya mas Siswo (dok.des.id-ft.swo)

Menjalani profesi sebagai tukang ukir tidak membuat Siswo terbebas dari berbagai hambatan dan masalah mulai dari komplain boss, pesanan gambar yang rumit tetapi harga yang diberikan tidak sesuai sampai dengan keterlambatan barang untuk di produksi. Tetapi Siswo terus bersabar menghadapi segala hambatan yang beliau yakini sebagai ujian yang sedang dijalaninya.

Siswo menambahkan “Menjadi seorang tukang ukir bukan profesi yang rendahan tetapi sayangnya generasi muda sekarang lebih memilih untuk bekerja di pabrik dengan gaji tinggi dibanding belajar budaya sendiri terlebih ukir kayu ” ujar beliau.

Ukiran loggo NU hasil karya si rambut pirang (dok.des.id-ft.pur)

Bagi yang berminat untuk memesan ukiran atau hendak membeli kerajinan ukiran, bisa mendatangi langsung di rumahnya yang berlokasi di Dusun Puntuk, Desa Brangol, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi atau menghubungi No 081 335 791 380

Jendela ukir hasil karya Mas Siswo (dok.des.id-ft.pw)

“Saya berharap Pemerintah Desa Brangol memperhatikan kelangsungan usaha seni ukir di Desa Brangol, memberikan suntikan modal dan membantu pemasaran karena ini suatu potensi desa sehingga bisa memajukan ekonomi warganya ” tuturnya. (bas)

Share and Enjoy !

Shares