BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Walau tidak Musim panen padi aktifitas Huller keliling tetap jalan. Di Desa Brangol Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi, puluhan pemilik huller keliling tetap beroperasi, hanya dengan bermodalkan solar 10 liter, mereka tetap bersemangat berkeliling dari desa ke desa, mencari pelanggan yang akan menggilingkan padinya menjadi beras untuk kebutuhan makan sehari – hari.

Para petani lebih meminati huller keliling dari penggilingan duduk karena lebih efisien dan tidak bersusah payah mengangkut ke tempat penggilingan. “Pokoke Tiap hari jalan mas, Kalau tidak panen ya sepi daripada libur nanti kasian para pelanggan menunggu” ujar hariyadi salah satu pemilik huller keliling, Jumat (17/01/2020).

Haryadi, salah satu pengusaha Huller Desa Brangol sedang beraktifutas di pagi hari keliling desa (dok.des.id/ft.bas)

Dalam bekerja Hariyadi dibantu 1 orang karyawan. Mereka berkeliling kedesa-desa yang sudah menjadi rutenya. Biasanya pelanggan sudah menaruh karung berisi gabah di depan rumahnya. Untuk waktu bekerja mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB, Hariyadi mengaku mendapat penghasilan yang kurang kalau tidak musim panen, tapi sebaliknya akan menjadi berkah melimpah di musim panen.

“Ongkos selepnya Rp 10 ribu per sak (karung) dan sudah menjadi kesepakatan bersama antar pengusaha Huller Keliling dan kami juga membeli beras dengan harga umum mengikuti pasar“ ujar Hariyadi

Sumanto, Keliling sendirian dengan Hullernya menyiasati sepinya pelanggan (dok.des.id/ft.ny)

Di tempat terpisah, Sumanto memilih berkeliling seorang diri tanpa karyawan untuk menyiasati sepinya warga yang menggilingkan padinya. “Tidak ada panenan Sepi, keliling dari pagi sampe sore kadang cuma dapat 5 sak (karung), makanya saya berangkat sendiri saja biar nyucuk” kata Sumanto sambil tertawa mengelap keringatnya karena cuaca panas

Keberadaan huller keliling ternyata sangat membantu petani dan meningkatkan ekonomi. Di Desa Brangol terdapat 22 pengusaha huller keliling dengan koordinator mas Darto Gareng yang tergabung dalam Paguyuban Huller keliling Kabupaten Ngawi. (masabas)

Share and Enjoy !

Shares