BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ngawi semakin gencar melaksanakan giat sosialisasi Sensus Penduduk (SP) 2020. Seperti yang dilaksanakan di Kecamatan Karangjati, Selasa (25/2/2020).


Kegiatan yang dipimpin langsung Koordinator Stastistik Kecamatan BPS Kabupaten Ngawi Totok Hendro Sasongko, SE., dihadiri Sekretaris Kecamatan dan aparatur Kecamatan, Danramil, Kapolsek serta Sekretaris Desa mewakili Kepala Desa karena di hari yang sama Camat dan Kepala Desa se Jawa Timur di undang gubernur Jawa Timur di Surabaya.


Ia menjelaskan, untuk di Kecamatan Karangjati dilaksanakan sosialisasi dalam bentuk Rapat Koordinasi Kecamatan. Pada kegiatan tersebut, aparat desa se-Kecamatan Karangjati menyatakan dukungan terhadap pelaksanaan SP 2020 ini. Mereka siap mensukseskan pelaksanaannya dengan membantu mensosialisasikan kepada masyarakat.


BPS menggandeng sejumlah unsur pemerintah yang ada di Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi, termasuk Polsek dan Koramil Karangjati, untuk ikut serta berpartisipasi aktif memperbarui data kependudukannya.


Totok Hendro Sasongko, SE selaku KSK Karangjati menjelaskan, sensus penduduk ini adalah kegiatan yang hanya dilakukan 10 tahun sekali dengan Akhiran Tahun angka 0, dan ini merupakan yang ke tujuh dilaksanakan di seluruh Indonesia dan juga di laksanakan di seluruh Dunia.
Masyarakat Indonesia yang hampir 60 % penduduknya memegang HP android, adalah sebagai pertimbangan sensus Penduduk 2020 ini menggunakan sistem online.
“Kegiatan sensus penduduk ini bertujuan menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk menuju Satu Data Kependudukan Indonesia,” tambahnya.

Pertimbangan menggunakan sistem online ini, sebab mobilitas penduduk sekarang ini sangat tinggi.
Penduduk banyak beraktivitas di luar rumah, ada juga kelompok masyarakat yang sulit dijangkau.
Sehingga pada intinya, sensus penduduk berbasis online ini untuk mendapatkan kualitas data register yang semakin baik.

“Hari ini dijelaskan bagaimana teknis sensus penduduk berbasis online ini. Mulai dari menginput data, hingga mengunduhnya. ujarnya.


Sementata itu Kapolsek Karangjati AKP. Suyadi menambahkan pihaknya sangat mendukung dengan adanya kegiatan sensus online ini dan selanjutnya akan turut berpartisipasi aktif dalam sosialisasinya kepada masyarakat.

“Kegiatan ini sangat penting bagi kami sebagai anggota Polri begitu juga dalam pelaksanaan tugas sebagai Polri sangat dibutuhkan. Silahkan menghubungi anggota kami Babinkamtibmas Desa masing masing untuk membantu sosialisasi ke warga masyarakat,” jelasnya.( bas )

Share and Enjoy !

Shares