BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Mencegah berbagai penyakit, khususnya penyakit menular dan saat ini ditengah wabah pandemi penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19), Sebagai upaya pencegahan Covid-19, Upt Puskesmas Karangjati memberikan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Desa Brangol, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi, di Balai Desa, Rabu (29/07/20)

Para Peserta Penyuluhan PHBS dan Germas Desa Brangol (dok.desa-foto: kader PKK)

Dalam pelaksanaan Penyuluhan PHBS dan Germas hadir dalam kegiatan penyuluhan tersebut, Tim Kesehatan upt Puskesmas Karangjati, Pemerintah Desa Brangol, BPD, kader penggerak PKK, dan tokoh masyarakat. Total peserta ada 40 Orang.

Kegiatan itu dimaksudkan agar kader penggerak kesehatan di tingkat Desa dapat melakukan sosialisasi lebih lanjut kepada masyarakat. sehingga masyarakat dapat membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dalam rangka kewaspadaan terhadap penyakit menular dan penyebaran wabah Covid-19.

Tim Puskesmas Karangjati memberikan Paparan PHBS dan Germas kepada Peserta Penyuluhan (dok.desa.id – foto: Kader PKK)

Pola Hidup Bersih dan Sehat adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat, PHBS itu jumlahnya banyak sekali, misalnya sering cuci tangan pakai sabun, makanan bergizi, tidak merokok, tidur yang cukup, selalu menjaga kebersihan lingkungan, dan lain lain. Tentang Gizi misalnya : makan beraneka ragam makanan, minum tablet tambah darah, minum susu, mengkonsumsi garam beryodium, memberi bayi dan balita vitamin . Tentang kesehatan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan, setiap rumah tangga dianjurkan untuk melaksanakan semua perilaku kesehatan.

Baca juga : Paguyuban PTM Desa Brangol di Laksanakan di tengah pandemi Covid-19

Kegiatan sosialisasi berjalan tertib, aman dan lancar. Dalam sambutannya Sekretaris Desa Brangol, Basuki Abbas, S.Sos mewakili Kepala Desa atas nama Pemerintah Desa mengimbau untuk pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat juga Gerakan Masyarakat hidup sehat harus di mulai dari diri pribadi dan keluarga. Karena diri pribadi dan keluarga adalah bagian dari masyarakat sehingga nantinya akan dengan mudah menciptakan gerakan masyarakat hidup sehat.

Share and Enjoy !

Shares