BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Pemerintah Desa merupakan Lembaga Pemerintah, dalam kedudukannya yang strategis dan untuk mendorong terwujudnya Kepala Desa dan Perangkat Desa sebagai birokrat profesional. Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) yang dipimpin oleh Ketua umum PPDI MUDJITO dan Sekretaris Jenderal PPDI Pusat Sardjoko, SH melakukan Audensi dengan Kementerian Dalam Negeri di Gedung kemendagri Jalan Merdeka Utara Jakarta Pusat (30/07/2020).

Dalam pertemuan ini PPDI Pusat didampingi oleh beberapa perwakilan PPDI Propinsi/daerah. Seluruh permohonan dari Persatuan Perangkat Desa Indonesia diserahkan kepada Sekretaris Jenderal Kemendagri Muhammad Khudori yang akan disikapi dan dijawab secara tertulis oleh Kemendagri.

Adapun permohonan yang disampaikan diantaranya : Penerbitan Nomor Induk Perangkat Desa (NIPD) yang berbasis dari database PPDI, Penegasan Peraturan tentang Pemberhentian Perangkat Desa, Penggunaan seragam khusus perangkat desa, Penggajian Staf Desa setara dengan Perangkat Desa

Sekjend kemendagri Muhammad Khudori menyampaikan Pemerintah Pusat meminta kepada PPDI untuk ikut mensosialisasikan Surat Edaran Kemendagri tentang mekanisme Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa (Permendagri No 67/2017).

Sebagai langkah awal delam meningkatkan Pembinaan dan Pengawasan Kepala Desa dan Perangkat Desa, maka salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa adalah melaksanakan pendataan Kepala Desa dan Perangkat Desa serta jadwal Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan dilanjutkan dengan fasilitasi program pemberian Nomor Induk Kepala Desa dan Nomor Induk Perangkat Desa (NIPD)

Selain itu Muhammad Khudori juga menyampaikan rencana Pemerintah akan mengadakan pelatihan atau sekolah khusus perangkat desa sama halnya pendidikan pemerintahan seperti STPDN. Dan sekarang ini sedang digodog Peraturan tentang Perangkat Desa agar bisa professional dan maksimal dalam menjalankan tupoksinya.

Sumber : http://puskominfo-ppdi.or.id/kemendagri-siapkan-aturan-nipd-bagi-perangkat-desa/

Share and Enjoy !

Shares