BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Tim Inspektorat Kabupaten Ngawi melakukan pemeriksaan reguler ke Desa Brangol, Kecamatan Karangjati terkait segala aspek pemerintah desa dan realisasi dana desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) , Senin (14/09/20).

Jadwal kedatangan Tim Inspektorat disampaikan mendadak melalui pesan singkat WhatsApp Camat Karangjati, WAHYU SRI KUNCORO, AP, pada Minggu (13/09/20). Hal ini sengaja di laksanakan agar Desa benar-benar siap dalam segala hal terkait seluruh administrasi penggunaaan dana yang di kelola oleh Pemerintah Desa Brangol dan juga desa lainnya di Kecamatan Karangjati.

BACA JUGA : Monev progam HAMP di desa Brangol oleh Tim PPMU Pamsimas Jawa Timur

Ketua Tim Inspektorat Kabupaten Ngawi, Sri Wiyanti, AP, M.Si mengatakan, pemeriksaan reguler terhadap pemerintan desa ini dilakukan mencakup ke segala hal. Adapun materi pemeriksaan secara menyeluruh dari mulai RPJMDes, RKPDes, SPJ DD, ADD,dokumen, DPA, DPPA, rekening giro, berita acara, musyawarah desa dan pemeriksaan fisik di lapangan untuk mendapatkan kesesuaian rencana anggaran biaya.

Tim Inspektorat memeriksa administrasi penggunaan Dana Desa dan ADD dari Pemerintah Pusat (dok.des.id)

”Tujuan utama dari pemeriksaan ini agar setiap desa bisa menjalankan pemerintahannya dengan tertib administrasi sesuai dengan program Pemerintah Daerah maupun Pusat dan untuk mempertanggungjawabkan semua anggaran yang cukup besar dalam pengelolaannya agar tidak terjadi penyimpangan.,” ujarnya.

Pemeriksaan Dokumen RAB oleh Tim Inspektorat kabupaten Ngawi, sebelum melakukan pemeriksaan Lapangan terhadap kegiatan Bidang pembangunan Desa (dok.des.id)

Pemeriksaan berlangsung di Aula Pertemuan desa Brangol dengan Tim pemeriksa berjumlah enam orang, masing masing, Hari Siswanto, ST, Indah Dwi Anjang, S.Sos, M.Si, Wahyudi, SH, Citra Deyu P, SE, M.Si, S.K Harry K W,SE, M.M, dan Ineke Kusumadewi, SE.

Bendahara Desa, Mardi Dion Saputra ketika di audit Oleh Tim Inspektorat Kabupaten Ngawi dengan protokol kesehatan (dok.des.id)

“Terimakasih kami ucapkan atas kedatangan Tim Inspektorat Kabupaten Ngawi terkait monitoring dan evaluasi yang sangat penting sebagai bentuk evaluasi kami di Pemerintah Desa Brangol dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Kami sudah berusaha memberikan pelayanan terbaik namun dalam pemeriksaan ditemukan kekeliruan maka kami sangat membutuhkan pengarahan dan pembinaan agar kedepannya kami dapat bekerja lebih baik”, Harap Kepala Desa Brangol Harun Alrasyid, SE. saat koordinasi dengan Tim pemeriksa di Ruang Kerjanya.

Kaur Perencanaan, Riska Eko P, S.Pd ketika di audit Oleh Tim Inspektorat Kabupaten Ngawi dengan protokol kesehatan (dok.des.id)

Harapan Kepala Desa Brangol ditanggapi oleh Ketua Tim Inspektorat menyampaikan bahwa pemeriksaan dilakukan setiap tahun anggaran sebagai bentuk pembinaan. Adapun hasil pemeriksaan reguler di Desa Brangol yang mengarah pada anggaran pendapatan dan belanja desa tahun anggaran 2020 sudah mempersiapkan dengan baik dan harus di tingkatkan agar lebih baik lagi dengan adanya evaluasi dan sedikit temuan sebagai bahan kelengkapan dan pembenahan. (cr)

BACA JUGA : Kubah Masjid Nurul Hidayah Desa Brangol Dimakan Rayap

Share and Enjoy !

Shares