BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Puskesmas Karangjati menggelar pembinaan kelompok kerja operasional (pokjanal) posyandu di desa Brangol Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi, di Balai Desa , Jum’at (11/09/2020).

Kegiatan ini di hadiri oleh Kepala UPT Puskesmas Karangjati beserta Tim, Perangkat Desa, BPD, Ketua TP PKK Desa beserta anggota, Kader Posyandu serta tokoh masyarakat. Sebagai narasumber Tim Pokjanal Posyandu Puskesmas Karangjati.

Sekretaris Desa Brangol, Basuki Abbas, S.Sos membuka acara Pokjanal Posyandu Desa Brangol (dok.des.id/teguh)

Dalam Sambutan mewakili Kepala Desa Brangol, Sekretaris Desa Basuki Abbas, S.Sos. berpesan Kepada Para Kader Posyandu untuk melayani masyarakat dengan baik, terutama kepada para Ibu menyusui, ibu hamil, para balita, dan para lansia.

Kader Posyandu dan Para peserta pembinaan Pokjanal Posyandu Desa Brangol (dok.des.id/teguh)

“Keberadaan posyandu sangat diperlukan dalam mendekatkan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat, utamanya terkait dengan upaya peningkatan status gizi masyarakat serta kesehatan ibu dan anak,” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa “ tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan dan pengelolaan Posyandu di Desa Brangol agar dapat terarah dan terpadu melalui Pokjanal Posyandu”. terangnya.

Kepala Puskesmas Karangjati, dr Dany Yuliastuti memberikan paparan materi Manajemen Posyandu di tengah pandemi covid-19 (dok.des.id/teguh)

Sementara Kepala Puskesmas Karangjati dr. Dany Yuliastuti mengungkapkan kegiatan ini merupakan bagian dari monitoring dan evaluasi Pokjanal Posyandu Desa Brangol yang merupakan wilayahnya. Dan berkomitmen untuk mendukung penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi serta pencegahan dan penurunan stunting.

Baca Juga : Pembinaan Kelompok Asuhan Mandiri Pemanfaatan Toga Dan Ketrampilan di Desa Brangol

“Upaya ini sangat penting dalam rangka memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Karena posyandu merupakan kader paling bawah dalam mengatasi kesehatan ibu dan bayi, dan perlunya penguatan Pokjanal Posyandu menuju pemberdayaan Posyandu yang optimal.” terang dr. Dany

Bahkan dalam kesempatan itu ia juga secara langsung memberikan paparan materi mengenai Peran Kader PKK untuk Optimalisasi Posyandu Dalam Meningkatkan Derajat Kesehatan Ibu dan Anak.

Baca Juga : Puskesmas Karangjati Gelar Penyuluhan PHBS Dan Germas Di Desa Brangol

Dan juga menyampaikan paparan tentang pengelolaan dan manajemen posyandu di masa pandemi covid-19. Karena peran posyandu sangat dibutuhkan, utamanya dalam memberikan informasi yang benar tentang kesehatan terkait penanganan dan pencegahannya. ( bash)

Baca Juga : Paguyuban PTM Desa Brangol di Laksanakan di tengah pandemi Covid-19

Share and Enjoy !

Shares