BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Kubah utama Masjid Agung Nurul Hidayah Dusun Puntuk, Desa Brangol, Kecamatan Karangjati, Ngawi dimakan rayap. Kerusakan disebabkan kesalahan saat renovasi yang dilakukan pada tahun 2015 silam. Kubah yang terbuat dari kayu jati menumpang tiang dan di cor. Hal inilah yang tak di duga membuat kayu menjadi rapuh mengandung cairan selulosa dan membuat rayap berdatangan.

Takmir dan Remaja Masjid kerja bhakti membongkar Atap Masjid (dok.des.id/darto)

Kerusakan kubah ini sudah diketahui oleh pihak takmir masjid sejak bulan lalu. Lantaran, atap plafon masjid mengalami kebocoran dan begitu di cek kayunya banyak yang keropos. Untung segera di ketahui dan tidak sampai runtuh.

BACA JUGA : Masjid Nurul Hidayah Desa Brangol Melaksanakan Penyembelihan Hewan Korban dengan Protokol Kesehatan

Pengerjaan renovasi Masjid Agung Nurul Hidayah mulai dilakukan. Perbaikan akan memprioritaskan bagian atap masjid utama yang sudah mengalami kebocoran dan kayunya keropos. Menurut rencana nanti akan di rubah bentuk kubah menjadi cor beton atap/kubah dan tidak kayu jati lagi.

Kubah Utama Masjid Nurul Hidayah setelah di bongkar (dok.des.id/darto)

Ketua panitia Renovasi kubah Masjid Nurul Hidayah , Nur Ali Mafut mengatakan, anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan renovasi Masjid menurut perhitungan sebesar kurang lebih Rp100 juta. Saat ini, anggaran yang ada dari uang kas Masjid sebesar Rp 60 juta. Dari anggaran tersebut, pihaknya akan memprioritaskan renovasi bagian atap masjid, karena kondisinya darurat.

Kerja Bhakti Cor Dasar Kubah Masjid Nurul Hidayah Dusun Puntuk Desa Brangol (dok.des.id/darto)

“Alhamdulillah hari ini proses renovasi kubah masjid Nurul Hidayah sudah sampai pengecoran dasar Kubah . Semoga proses ini berjalan lancar tanpa ada kendala, tepat waktu dan sesuai harapan masyarakat,” ungkap Nur Ali Mafut, Sabtu (12/09/2020)

Selain mengandalkan anggaran dari uang kas Masjid, untuk renovasi kubah utama ini pihaknya juga berharap donasi dari warga masyarakat Desa Brangol, Putra desa dan dermawan “Donasi bisa disalurkan melalui rekening Bank Jatim atas nama Nur Wakhid selaku bendahara Masjid dengan nomor rekening 0963019939,” Lanjut Nur Ali Mafut yang juga seorang ketua BPD Brangol. (cr)

BACA JUGA : Puskesmas Karangjati Gelar Pembinaan Pokjanal Posyandu di Desa Brangol

Share and Enjoy !

Shares