BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Program P3TGAI selain untuk mendukung program ketahanan pangan Nasional, juga sebagai upaya peningkatan kemampuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat khususnya petani di saat kesulitan ekonomi akibat pandemi covid-19. Selain itu, memperkuat dan meningkatkan kemandirian masyarakat petani dalam kegiatan pengelolaan jaringan irigasi.

BACA JUGA : Padat Karya P3-TGAI Hippa Tirto Tulodho Desa Brangol Realisasi Sesuai Aturan

Kepala Desa Brangol, Harun Alrasyid, SE., mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR dengan adanya bantuan peningkatan jaringan irigasi air melalui program P3TGAI. “Petani pengguna air di wilayah desa kami menjadi terbantu sebab pada musim kemarau, kebutuhan air tetap dapat disalurkan ke persawahaan, dan kami berharap agar desa Brangol di tahun depan mendapatkan P3TGAI lagi untuk melanjutkan program irigasi sehingga pengairan di sawah lancar,” kata Harun Alrasyid, SE.

Kepala Desa Brangol, Harun Alrasyid, SE mengawasi pelaksanaan P3TGAI Desa Brangol

BACA JUGA : Kades Brangol Memberi Ijin Warung WTS di Lahan Bengkok

P3TGAI merupakan usulan dari petani, dikerjakan oleh petani, dan untuk petani. Untuk itu diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat kecil Desa Brangol dan juga keterwakilan tenaga kerja perempuan

Tim dari Balai Besar Bengawan Solo Wilayah Madiun mengecek pengerjaan P3TGAI di dampingi Ketua Hippa sebagai Pelaksana proyek.

Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo wilayah Madiun meninjau lokasi program P3TGAI di wilayah Desa Brangol, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi. Di dampingi Ketua Hippa, Nur Ali Mafut. Rabu (21/10/2020). Dalam pelaksanaannya program P3TGAI sudah mencapai 70% dan tetap melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat.

Saminem, salah satu pekerja perempuan saat beraktifitas dalam P3TGAI Desa Brangol

Saminem, salah satu pekerja perempuan mengatakan “Saya mewakili tenaga kerja perempuan mengucapkan terima kasih dan sangat bersyukur karena bisa berpartisipasi dan membantu meringankan beban suami, karena mendapatkan upah dari program P3TGAI, kami berharap tahun depan desa kami mendapat proyek lagi” terang Saminem.

BACA JUGA : Petani Brangol Waspada Curah Hujan dan Angin Kencang

Pelaksanaan Proyek merapkan Protokol Kesehatan, Cuci tangan, jaga jarak dan pakai masker

Melihat manfaat yang dihasilkan cukup besar khususnya untuk mengairi lahan pertanian, sehingga produktivitas pun tetap meningkat selama pandemi. Selain itu, peran tenaga kerja perempuan juga turut dilibatkan dalam pelaksanaannya. (bas)

Share and Enjoy !

Shares