BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Pemerintah resmi membuka keran stimulus bantuan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang terdampak pandemi Covid-19. Salah satunya melalui Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro (BPUM) yang setiap penerimanya akan mendapat bantuan langsung tunai atau BLT UMKM ini berjumlah Rp2,4 juta melalui rekening pribadi masing-masing penerima.

Nomor eKTP anda tidak terdaftar sebagai penerima blt UMKM BPUM Rp2,4 juta, Berikut ini syarat resmi Pendaftaran untuk dapatkan Bantuan Tersebut.

Banpres Produktif BPUM ini menambah skema insentif bagi usaha mikro dan kecil yang sebelumnya telah diberikan oleh pemerintah.

BACA JUGA : Gatot Sudjito Hadir Dalam Koordinasi dan Evaluasi Program P3TGAI dan BSPS di Ngawi

Bagi pelaku Usaha Mikro yang memenuhi persyaratan, akan mendapatkan sms dan dana akan di transfer melalui rekening atas nama pribadi masing-masing penerima.

Tahap pertama realisasi Banpres Produktif untuk Usaha Mikro telah mencapai hampir 100 persen dengan total dana yang disalurkan Rp21,861 triliun atau setara dengan 99,41 persen hingga 6 Oktober 2020.

BACA JUGA : Pelantikan Pengurus KONI Kabupaten Ngawi Dilakukan Secara Virtual

Penyaluran tahap berikutnya ditargetkan untuk 3 juta pelaku usaha mikro hingga akhir tahun 2020 sehingga program ini menjangkau 12 juta pelaku usaha mikro.

Bantuan hibah sebesar Rp2,4 juta diberikan kepada pelaku usaha mikro untuk menambah modal. Semoga usaha bertahan dan terus berjalan di tengah dampak pandemi saat ini.

Adapun persyarayan resmi yang harus di penuhi bagi usaha Mikro, dilansir dari akun instagram official @kemenkopukm, Kementerian Koperasi dan UMKM adalah sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Mempunya Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Memiliki Usaha Mikro
  4. Bukan ASN, TNI/POLRI, Serta Pegawai BUMD/BUMN
  5. Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan KUR
  6. Bagi pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU)

Bagi pelaku Usaha Mikro yang memenuhi persyaratan, dana akan di transfer melalui rekening atas nama masing-masing penerima dengan nilai Rp2,4 Juta.

Selanjutnya, dana bantuan akan dicairkan langsung ke rekening penerima BPUM diikuti dengan laporan penyaluran dana bantuan tersebut melalui melalui pesan singkat (SMS) lalu melakukan verifikasi ke bank penyalur untuk pencairan.

Nantinya apabila anda dinyatakan lolos menerima bantuan tersebut, maka anda akan mendapatkan sms notifikasi dari bank penyalur, seperti contohnya dari Bank BRI ini:

“Nsbh Yth. Anda terdaftar sebagai penerima Banpres Produktif (BPUM). Untuk verifikasi dan pencairan silakan menghubungi kantor BRI terdekat dengan membawa eKTP.”

Setelah menerima pesan, masyarakat penerima BLT UMKM diminta melakukan verifikasi ke bank penyalur Setelah dilakukan verifikasi, proses pencairan pun bisa dilakukan (bas)

Share and Enjoy !

Shares