BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Meski belum merata, hujan sudah mulai turun di Kabupaten Ngawi pada awal Bulan November ini.

Petani di Desa Brangol, Kecamatan Karangjati saat ini mulai persiapan menyemai benih, untuk musim tanam.

“Pola tanam padi di Desa Brangol serentak. Sekarang para petani sedang persiapan semai benih, mulai tanggal 15 – 20 November ” kata Ketua Hippa “Tirto Tulodho” , Nur Ali Mafut, Minggu (15/11).

Sehingga, menurut dia sesuai jadwal Awal Desember dimungkinkan petani Brangol akan mulai tanam padi. Karena aliran air dari waduk di buka tanggal 28 November untuk pengolahan lahan.

Cara menyemai benih padi ini cukup mudah dan tidak terlalu sulit,tapi bagi anda yang belum pernah tau bagaimana cara menyemai biji padi yang baik dan benar,.Berikut ini merupakan ha-hal yang kita dilakukan sebelum menyemai benih padi.

Petani sedang membajak untuk lahan semai benih padi
  1. Persiapan Lahan
    Sebelum menyemai benih padi maka sebaiknya kita siapkan lahan yang akan digunakan untuk menyemai, menggemburkan tanah dulu dan buat bedengan yang lebarnya kira-kira 3 meter dan panjang nya tersera anda bisa 5-10 meter. sebenarnya tidak ada patokan khusus untuk lebar dan panjang bedengan. begitu juga disawah maka kita harus membajaknya dan meratakan serta menghaluskan permukaan sawah baru kemudian disemaikan benihnya.
  2. Persiapkan benih /biji padi
    sebelum benih disemaikan sebaiknya benih padi direndam dalam air selama dua malam,setelah itu baru kita taburkan pada tempat yang sudah dipersiapkan, adapun pentingnya benih padi direndam sebelumnya adalah akan mempercepat atau merangsang pertumbuhan akar.jadi dengan merendam benih padi dalam air selama dua malam akan merangsang kecambah akar ,jika nanti benih sudah ditaburkan pada lahan persemaian akan cepat tumbuh.cara merendam benih padi sebelum penyemaian cukup mudah,bisa kita masukan benih padi dalam karung .kemudian kita masukkan dlalam air.Sebagai saran saja dalam perendaman benih kita tambahkan fungisida dan zpt supaya dapat mencegah penyakit dan juga mempercepat pertumbuhan akar pada benih padi.
  3. Perawatan Benih
    Setelah benih Disemaikan ,langkah selanjutnya adalah merawatnya dengan baik dan benar .beri pupuk agar pertumbuhan benih cepat tumbuh.setelah benih berumur 2 minngu maka benih padi siap untuk ditanam dan tergantung pada varietas padi yang akan ditanam. Semoga Bermanfaat. (bas).

BACA JUGA : Tak Terpengaruh Covid-19, Budidaya Jamur Merang di Desa Brangol Menjanjikan

Share and Enjoy !

Shares