BRANGOL.NGAWI.ID – Dalam rangka deteksi dini dan Pencegahan Penyakit tidak menular (PTM) di Desa Brangol, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi , rutin setiap bulan diadakan Paguyuban Penyakit Tidak Menular. Kegiatan ini merupakan wujud peran serta masyarakat yang bersifat promotif dan preventif dalam kegiatan deteksi dini, monitoring dan tindak lanjut dini faktor risiko PTM secara mandiri dan berkesinambungan.


Paguyuban PTM menjadi salah satu bentuk upaya kesehatan masyarakat yang selanjutnya berkembang menjadi upaya kesehatan bersumber daya masyarakat dalam pengendalian faktor risiko PTM di bawah pembinaan Puskesmas.


Kegiatan deteksi dini dan monitoring faktor risiko penyakit Tidak Menular (PTM) meliputi merokok, kurang konsumsi sayur dan buah, kurang aktivitas fisik, konsumsi alkohol, pengukuran berkala Indeks Massa Tubuh (IMT), lingkar perut, tekanan darah, dan pemeriksaan gula darah , kolesterol total, trigeliserida.


Paguyuban PTM dilaksanakan dengan 5 tahapan layanan, namun dalam situasi kondisi tertentu dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kesepakatan bersama. Kegiatan tersebut berupa pelayanan deteksi dini, monitoring terhadap faktor risiko penyakit tidak menular dan tindak lanjut dini seperti konseling serta rujukan ke Puskesmas.

BACA JUGA :


Jika pada wawancara, pengukuran, pemeriksaan hasilnya tidak sesuai dengan kriteria baik, maka dilakukan tindak lanjut berupa pembinaan secara terpadu melalui penyuluhan kelompok atau konseling secara perorangan dan kelompok, sesuai dengan kebutuhan, Selanjutnya yang memerlukan penanganan lebih lanjut dirujuk ke Fasilitas Kesehatan tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL).

Paguyuban PTM meliputi kegiatan yaitu:

  1. Kegiatan pengukuran berat badan, tinggi badan, Indeks Massa Tubuh (IMT), lingkar perut, analisis lemak tubuh, dan tekanan darah
  2. Kegiatan pemeriksaan gula darah.
  3. Kegiatan pemeriksaan kolesterol total dan trigliserida.
  4. Kegiatan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat)
  5. Kegiatan konseling dan penyuluhan, dilakukan setiap pelaksanaan Paguyuban PTM.
    Adapun pelaksanaan Paguyuban PTM di desa Brangol diadakan setiap tanggal 25 setiap bulannya. Pada bulan November ini Paguyuban PTM di desa Brangol diadakan pada hari Rabu (25/11) bertempat di aula pertemuan desa.
    Bidan desa yang juga Tim Puskesmas Karangjati, Nitera Ulfa, Amd.Keb mengatakan “Dengan adanya pelayanan paguyuban PTM ini bisa lebih dekat ke masyarakat bagi yang tidak sempat ke puskesmas, sehingga sangat perlu dimanfaatkan sebaik baiknya keberadaan paguyuban PTM ini.” Jelasnya (bs)

Share and Enjoy !

Shares