BRANGOL.NGAWIKAB.ID- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ngawi gelar rapat pembahasan petunjuk tehnis pemanfaatan data kependudukan di Kurnia Convention Hall, Senin (09/11/2020).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ngawi, Dinas Kominfo dan operator data kependudukan desa se-Kabupaten Ngawi sejumlah 106 peserta yang terbagi dalam 2 gelombang.

Data kependudukan dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, tak hanya dalam urusan perbankan, pelayanan kesehatan ataupun optimalisasi sistem informasi desa. Yang terpenting adalah untuk pelaksanaan kegiatan demokrasi seperti pemilu, data kependudukan dapat dijadikan acuan dalam penetapan calon pemilih.


BACA JUGA :
Ratusan Warga Ngawi Antri Terima Sertifikat PTSL
Merokok di KTR Ngawi Bisa Di Penjara Dan Kena Denda

Data kependudukan bisa dimanfaatkan untuk memperoleh data yang akurat dalam penanganan masalah kriminal bagi pihak kepolisian, maupun untuk berbagai kegiatan lain yang bersentuhan dengan identitas seseorang.

Dalam sambutan rapat pembahasan petunjuk tehnis pemanfaatan data kependudukan, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Ngawi, sugeng, MSi menjelaskan bahwa baru 103 yang mengusulkan hak akses ke dispenduk tahun depan diharap semua desa bisa akses data kependudukan dengan tujuan agar semua masyarakat bisa mengurus data administrasi kependudukan di desa.

“Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan sumber daya manusia (SDM) pengelola data kependudukan di desa khususnya dalam hal pemanfaatan data dan dokumen kependudukan, puskesmas se-Kabupaten Ngawi sudah mempunyai akses data kependudukan, sementara di desa Laporan kematian saja masih rendah.” Terang Sugeng, MSi

Kabag pemanfaatan data dispenduk capil, Didik s. menambahkan “ada 2 layanan yg akan diterapkan yaitu pemanfaatan data dan layanan data administrasi kependudukan, kedepan pindah datang tanpa melalui desa ataupun kecamatan maka desa bisa mengetahui pindah datang penduduk lewat hak akses nantinya.” jelas Didik (bas)

Share and Enjoy !

Shares