BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Sejumlah petani di Kabupaten Ngawi Jawa Timur mengeluhkan terjadinya kelangkaan pupuk bersubsidi. Seperti yang terjadi di Desa Brangol, Kecamatan Karangjati, para petani ini mengadukan persoalan minimnya mendapatkan pupuk tersebut kepada pemerintah desa. Keresahan para petani di tindaklanjuti Plt Kepala Desa Brangol, yang juga Sekretaris Desa Brangol, Basuki, S.Sos. dengan mengadukan kepada cabup Ony Anwar dan cawabup Dwi Rianto Jatmiko atau Paslon OK dengan didampingi anggota Dprd Heru Kusnindar.


Basuki mengatakan dia bersama warga sangat resah dengan minimnya mendapat pupuk bersubsidi dan mendengar informasi subsidi pupuk yang akan dihapus oleh pemerintah pusat.


“Para petani belum panen sudah sambat rugi pak, pupuk non subsidi mahal, masih banyak warga yang tidak mampu untuk membeli, monggo diperjuangkan dan jangan sampai dihapus pak, ” katanya, Rabu (25/11).


Belum lagi lanjut Basuki, nanti para petani merugi karena gagal panen karena lahannya kena hama tikus atau wereng. “Ini saja sudah habis masa panen, belum memuaskan untuk ekonomi bagi petani di desa kami” ujarnya.


Menanggapi hal itu, Cabup Ony di dampingi anggota Dprd, Heru memastikan akan membantu petani dengan mengupayakan memperjuangkan penambahan alokasi pupuk bersubsidi bagi petani.


Diakui kebutuhan pupuk bersubsidi berkurang, dan itu terjadi di seluruh Indonesia. Namun demikian OK nanti akan berjuang menambah jatah alokasi pupuk bersubsidi ke Kementerian Pertanian.

BACA JUGA :


“Berita kelangkaan pupuk bersubsidi terjadi di seluruh Indonesia, Subsidi nanti akan disalurkan oleh pemerintah. Pemkab Ngawi berusaha mengajukan penambahan pupuk bersusidi. Tidak hanya penambahan pupuk bersubsidi, nanti pemerintah kabupaten akan mengawasi dan mengawal gabah petani dengan harga sesuai ketentuan pemerintah dan tidak merugikan petani,” ungkap Ok.

Agar tanaman tidak gagal panen dan produksi bertambah petani untuk memaksimalkan pupuk organik, Ok akan mengupayakan pemberian edukasi kepada petani melalui penyuluh pertanian di lapangan. (bas)

Share and Enjoy !

Shares