BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Upaya Pemerintah Desa Brangol dan Tim Penggerak PKK desa Brangol menurunkan angka stunting melibatkan masyarakat dengan pemahaman dan pencegahan stunting bagi balita dan juga ibu hamil. Kembali dilaksanakan kegiatan pos gizi, bertempat di rumah Kepala Desa Brangol (01/12).

Ketua TP PKK Desa Brangol, Lusyana Retnaningtyas mengatakan, inovasi positif pos gizi ini dilakukan sebagai upaya menekan angka stunting di desa Brangol.


“ Pos gizi ini untuk menekan Stunting atau kekurangan gizi kronis, Jadi jangan nunggu anak telanjur stunting, terlambat itu,” kata Luzyana di hadapan warga desa yang rata-rata para ibu-ibu.


“Tujuan kami melaksanakan kegiatan ini bukan semata-mata untuk pemerintah, tapi mengubah mindset masyarakat. Kegiatan ini kami laksanakan pada awal dan akhir tahun,” terang Ketua TP PKK Brangol.

BACA JUGA :


Di dalam kegiatan pos gizi, hal pertama yang dilakukan ialah pendataan sasaran melalui pengukuran di Posyandu oleh kader dan divalidasi oleh petugas kesehatan. Bila ditemukan penyakit penyerta, maka dilakukan perawatan terlebih dahulu sampai pulih, baru diikutsertakan dalam pos gizi.

Plt Kepala Desa Brangol, Basuki, S.Sos. mengatakan, di pos gizi ini ibu diajarkan personal hygiene, melakukan permainan, serta diajari kader memasak makanan berat menggunakan bahan pangan lokal. Selain itu, para peserta juga harus datang tepat waktu dan tidak boleh membawa snack, susu dan uang jajan. (bs)

Share and Enjoy !

Shares