BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Tepat pada hari ini, Rabu (9/12/2020), Pilkada Ngawi 2020 digelar. Pelaksanaan pilkada di masa pandemi, tentu suasananya berbeda dari biasanya. Di Tps 01 Desa Brangol, Kecamatan Karangjati, penerapan protokol kesehatan menjadi hal mutlak diterapkan, mengantisipasi persebaran covid-19.


Ketua PPS Desa Brangol, Heri Krisnanto, S.Pd menjelaskan sistem pelaksanaan pencoblosan, sebagai berikut :

  1. Seluruh anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) mengenakan alat pelindung diri (APD). Mulai dari masker, Face Shield, sarung tangan.
  2. Di depan Tempat Pemungutan Suara (TPS) disediakan fasilitas cuci tangan. Pemilih wajib memakai masker. Sebelum masuk area TPS, pemilih dicek suhu badannya
  3. Pemilih disarankan membawa bolpoin/alat tulis sendiri
  4. Jam untuk mencoblos diatur, untuk mengurai kerumunan dan setiap TPS dibatasi 500 pemilih. Saat dalam antrean, kursi pemilih ditata dengan berjarak.
  5. Pemilih diberi sarung tangan plastik
  6. Setelah mencoblos tidak mencelupkan jari ke tinta. Tetapi ditetesi oleh petugas
  7. Jika ada pemilih yang suhu badan di atas 37,3 derajat Celcius, akan disediakan bilik tersendiri.

Untuk pemilih yang sedang menjalani perawatan atau karantina ada perlakuan khusus. Petugas akan mendatangi tempat karantina. Mereka menggunakan APD lengkap.


“Kalau karantina di rumah, petugas kita KPPS yang datang untuk melayani. Tapi kalau yang di karantina di sediakan pemkab, dan di rumah sakit, nanti dari tenaga kesehatan yang mengantarkan logistik pencoblosan, Alhamdulillah Desa Brangol aman” kata Heri Kris.

BACA JUGA :


Devisi Tehnis PPS Desa Brangol, Damini, S.Pd menambahkan, setiap KPPS yang bertugas sudah dilakukan rapid tes terlebih dahulu. Sehingga kondisi kesehatan dipastikan sudah aman.
“Sebelumnya semua anggota KPPS dan Linmas sudah dirapid,” kata Damini.


Pelaksanaan pilkada di tengah pandemi memiliki tolok ukur berbeda dengan gelaran pilkada sebelumnya. Pilkada kali ini disebutnya berhasil jika seluruh pihak yang terlibat menegakkan disiplin protokol kesehatan. Dia melanjutkan, untuk memastikan Pilkada 2020 dapat berjalan dengan lancar dan aman di tengah pandemi, KPU telah mengeluarkan berbagai aturan yang menekankan pentingnya protokol kesehatan di semua tahapannya. Termasuk di saat pemungutan suara di TPS. Sehingga aturan yang sudah disusun itu tidak bersifat imbauan semata. (bas)

Share and Enjoy !

Shares