BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Bimbingan pra nikah dianggap penting karena awal terbinanya kehidupan rumah tangga sangat bergantung pada pembekalan awal sebelum calon pengantin melangsungkan pernikahan. Untuk mengarungi kehidupan berumah tangga, diperlukan kematangan, baik secara fisik, mental maupun pengetahuan yang cukup. Maka diperlukan adanya bimbingan khusus, yaitu bimbingan yang diberikan kepada calon pengantin, sebagai bekal memasuki kehidupan baru.


Puskesmas Karangjati bekerja sama dengan Pemerintah Desa Brangol, menggelar Pertemuan Kelas Catin bagi calon pengantin, diikuti sebanyak 20 peserta di aula pertemuan Desa Brangol, Karangjati, Ngawi dengan protokol kesehatan, Jumat (11/12/2020)


Kegiatan yang dilaksanakan ini berjalan dengan lancar dan peserta tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut, terutama calon pengantin wanita.


Kepala Puskesmas Karangjati yang diwakili dokter Lily, dalam sambutannya mengatakan, “Pertemuan Kelas Calon Pengantin (Catin) ini bertujuan untuk mempersiapkan segala hal termasuk mental para pasangan suami istri (pasutri) dalam berumah tangga, terutama dari segi kesehatan dengan harapan agar isteri atau calon isteri sehat sehingga bayi terlahir sehat dan cerdas.” Jelas dokter Lily.

Dalam melakukan peran mereka sebagai pasangan, suami dan istri haruslah memiliki kesehatan lahir dan batin yang baik. Salah satu indikasi bahwa calon pengantin yang sehat adalah bahwa kesehatan reproduksinya berapa pada kondisi yang baik. Informasi-informasi yang disampaikan oleh Puskesmas Karangjati antara lain:

  1. Kesehatan reproduksi
  2. Ketidaksetaraan gender dalam pernikahan
  3. Informasi tentang kehamilan, pencegahan komplikasi, persalinan dan pasca salin
  4. Informasi tentang infeksi menular seksual, infeksi saluran reproduksi serta HIV dan AIDS
  5. Informasi tentang deteksi dini kanker leher rahim dan kanker payudara
  6. Informasi tentang gangguan dalam kehidupan suami istri
  7. Mitos pada perkawinan


Sementara itu, Plt Kepala Desa Brangol, Basuki, S.Sos dalam membuka acara mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih atas kerja samanya dengan puskesmas Karangjati dan mengapresiasi atas digelarnya pertemuan calon pengantin di Desa Brangol agar menjadi motivasi catin untuk ke depannya dalam menjalani kehidupan berumah tangga.

BACA JUGA :


“Saya cukup terkesan dan berterima kasih kepada Puskesmas Karangjati atas kerja samanya diadakan pertemuan Kelas Catin ini, Harapannya dengan adanya pertemuan kelas calon pengantin ini dapat memberikan bekal bagi calon pengantin sebelum membina rumah tangga” pungkasnya. (bs )

Share and Enjoy !

Shares