BRANGOL.NGAWIKAB.ID- Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kabupaten Ngawi menggelar pelatihan input usulan DURKP 2022 menggunakan aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), Rabu (20/01).

Dengan diterbitkannya Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah, maka kedepan semua perencanaan e-planning akan diinput mulai dari tingkat desa oleh operator ke dalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) yang dikelola oleh Kemendagri.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka tahapan pelaksanaan perencanaan pembangunan di Kabupaten Ngawi untuk tahun 2022.

Pemerintah Desa Brangol, Kecamatan Karangjati mengirimkan petugas operator Riska Eko Prasetyo, S.Pd. Namun, karena masih diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pelatihan dilaksanakan secara daring melalui video conference Zoom Meeting, di rumah dinas Camat Karangjati.

Bappelitbang Kabupaten Ngawi memandu pelatihan dari Paseban Atmaja Dr. Radjiman Ngawi, sedangkan para peserta yang terdiri dari Operator SIPD Desa dipusatkan di 19 Kantor Kecamatan masing-masing.

Sekretaris Bappelitbang Kabupaten Ngawi, Agus Sutopo menjelaskan bahwa penggunaan aplikasi SIPD sudah mulai diberlakukan tahun ini.

“Perlu kami sampaikan bahwa mulai tahun ini kita sudah menggunakan aplikasi SIPD. Jadi kita tidak bisa merubah perencanaan dalam perjalanannya,” jelas Agus Sutopo.

Apabila terjadi kendala teknis diluar kendali atau force majeur setelah dilakukan penginputan akan dilakukan tersendiri dalam tahapan berikutnya.

Penginputan DURKP tahun 2022 melalui SIPD merupakan tindak lanjut dari Musrenbangdes bulan September 2019. Musrenbagdes tersebut telah menetapkan beberapa usulan sesuai daftar kamus usulan DURKP 2022 dan di input melalui SIPD. Selanjutnya usulan desa akan dibawa dalam tahapan berikutnya di Musrenbangcam.

BACA JUGA :

Share and Enjoy !

Shares