BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Cabe merupakan bumbu yang selalu ada hampir di semua masakan Indonesia. Mengolah bahan makanan di rumah pun, seringnya tak lepas dari bumbu cabe. Ketika harga cabe naik, pastilah timbul kehebohan di tengah masyarakat. Mulai sekarang upayakan jangan beli cabe lagi alangkah baiknya kita hanya tinggal memetik saja di halaman rumah.

Himbauan ini dilakukan Pemerintah Desa Brangol, Kecamatan Karangjati kepada warganya. Sekretaris Desa Brangol, Basuki, S.Sos mengatakan himbauan ini semata-mata agar warga bisa berkreasi sendiri dan memanfaatkan lahan kosong di rumahnya untuk dimanfaatkan. Jika tak ada lahan kosong, tanam di pot pun masih bisa.

“Anjuran menanam cabe rawit akan disampaikan ke warga masyarakat. Agar masyarakat mulai menanam cabe rawit,” ujar Basuki, Selasa (02/02).

Berikut Cara menanam cabe dengan mudah dan simpel

  1. Bibit cabe
    Pilihlah bibit cabe yang masih segar. Kupas cabe lalu ambil bijinya. Setelah itu jemur di bawah sinar matahari sampai kering. Cara lain untuk mendapatkan bibit cabe adalah dengan membeli bibit cabe di toko atau pasar.
  2. Menyemai cabe
    Langkah selanjutnya adalah dengan menyemai cabe. Gunakan polybag ukuran kecil sebagai media penyemaian. Masukkan tanah dan juga pupuk. Campur hingga tingginya polybag. Masukkan bibit cabe pada polybag dan siram setiap hari. Lebih rinci lagi, begini cara menyemai bibit cabe agar cepat tumbuh:

Siapkan tempat penyemaian. Polybag misalnya.
Masukkan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1.
Biarkan pada tempat yang terlindung dari hujan dan sinar matahari selama 1 minggu.
Rendam bibit dalam air hangat selama 3 jam.
Lalu letakkan benih pada polybag. Tutupi benih dengan tanah kira-kira 1 cm saja kedalamannya.
Tunggu hingga benih berkecambah.
Kemudian mulai diperkenalkan dengan sinar matahari langsung.

  1. Penanaman cabe
    Setelah berumur 4 minggu, pindahkan benih cabe pada lahan yang telah disiapkan. Jangan lupa untuk menggemburkan tanah lahan dan memberikan pupuk. Berhati-hatilah saat melepaskan benih dari polybag agar akar tidak rusak.

Jika Anda tetap menggunakan polybag, gunakanlah polybag dengan diameter minimal 30 cm. Bisa juga menggunakan ember bekas yang sudah dibersihkan.

Gunakanlah perbandingan 3:2:1 dengan rincian tanah, pupuk, dan sekam mentah untuk tempat menanam.

  1. Pemupukan cabe
    Selama masa penanaman, rajinlah memberi pupuk terutama pupuk organik
  2. Perawatan cabe
    Sirami cabe setiap hari. Dan cabut tanaman lain yang tumbuh yang mengganggu pertumbuhan cabe.
  3. Panen
    Ketika cabe telah tumbuh sempurna dan berbuah, bisa dilakukan panen.

Ternyata, menanam cabe pun bisa dilakukan secara mudah. Mari bersama untuk menanam cabe sendiri di rumah. Untuk meringankan beban ekonomi keluarga di tengah situasi serba sulit adanya pandemi ini.

BACA JUGA :

Share and Enjoy !

Shares