BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Dalam rangka menjaring masukan untuk penyusunan Rencana Pembangunan Tahun 2022, Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan di aula pertemuan, Rabu (10/02)

Musrenbang merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan yang bertujuan untuk mengakomodir usulan perencanaan pembangunan dari tingkat desa yang tidak bisa di cover oleh Dana Desa. Musrenbang tingkat kecamatan merupakan tahapan musrenbang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan musrenbang pada tingkat desa.

Hadir pada Musrenbang tersebut diantaranya, Camat Karangjati Wahyu Sri Kuncoro, AP, Kapolsek Karangjati diwakili oleh Wakapolsek Iptu Agus Sapto Wardoyo, Danramil karangjati diwakili oleh Batuud Serma Agus Joko S, Anggota DPRD Kab. Ngawi dari Fraksi PKB Kalam, SH, Anggota DPRD Kab. Ngawi dari Fraksi Demokrat Haris Agus Susilo, Perwakilan Bappeda Kab. Ngawi, Para Kasi Kecamatan Karangjati, Kepala Desa se-Kecamatan Karangjati, Perwakilan Pendamping desa dan PKK.


Dalam sambutannya Camat Karangjati, Wahyu Sri Kuncoro, AP, mengucapkan terimakasih kepada Anggota DPRD Kab. Ngawi yang hadir dan berharap bisa membangun jejaring antara anggota DPRD dengan para Kepala Desa, perwakilan PKK, dan mohon maaf peserta tidak bisa maksimal karena situasi pandemi serta protokol kesehatan. Dan acara nantiakan ada 2 sesi yaitu mengikuti zoom meeting dari Kabupaten dan rapat pleno daftar usulan.


“Musrenbang merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan RKPD. Selanjutnya, RKPD ini digunakan sebagai pedoman dalam penyusunan APBD Ngawi 2022,” terang Camat Karangjati

Sementara itu, perwakilan Bappeda Kab. Ngawi, Dina menyampaikan, dalam Penyusunan Perencanaan Pembangunan Daerah banyak sekali UU yang menjadi dasar / rujukan, termasuk pentahapan dimana usulan dari bawah melalui Musrenbang ini.


“Musrenbang hari ini beda dengan yang lain dikarenakan hari ini (sesuai) Permendagri nomor 70 (Tahun 2019) tentang verifikasi pediring juga tentang SIPD tentang Sistem informasi pemerintahan daerah,” terang Dina


Anggota DPRD Kabupaten Ngawi Dapil 2 dari Fraksi Kebangkitan Bangsa, Kalam, SH. Menyampaikan “Alhamdulillah mengucapkan terimakasih kepada Pak Camat atas undangannya, dalam situasi pandemi ini keuangan negara dan juga keuangan kabupaten Ngawi berkurang, sehingga akan ada pembangunan yang tertunda.” Terang Kalam, SH.


Untuk diketahui, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) adalah forum musyawarah tahunan pada pemangku kepentingan ditingkat Kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan terkait yang didasarkan pada masukan dari kelurahan, serta menyepakati rencana kegiatan lintas kelurahan di kecamatan yang bersangkutan.


Masukan itu sekaligus sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akan diajukan keapda SKPD yang berwenang sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah Kab.Ngawi pada tahun berikutnya. (bas)

BACA JUGA :

Share and Enjoy !

Shares