BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Publikasi APBDes merupakan bentuk transparansi Pemerintahan Desa kepada masyarakat. Prosesnya pun panjang, dimulai dari Penyusunan RKP (Rencana Kerja Pemerintah), Musyawarah Desa, Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa bersama dengan BPD, Evaluasi oleh Camat, hingga penetapan APBDes.

Masyarakat bisa mengikuti, memberi masukan, dan melihat hasilnya hingga akhir. Saat ini, pos-pos pendapatan, belanja, dan pembiayaan bisa dilihat secara langsung di Kantor Desa Brangol Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi dalam bentuk baliho, maupun secara online melalui website resmi Pemerintah Desa.

Kepala Desa Brangol, Harun Alrasyid, SE. mengatakan “Banyak kegiatan prioritas yang bersumber dari Dana Desa, padahal Dana Desa sangatlah terbatas. Kegiatan prioritas yaitu Bantuan Langsung Tunai, Desa Siaga, Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan, dan Bidang Pemberdayaan Manusia termasuk di dalamnya adalah Pengembangan BUMDes dan UMKM, Mari kita bangun desa Brangol dengan tranparan dan akuntabel ” jelas Harun.(02/02)

Untuk diketahui, bahwa Dana Desa (DD) merupakan dana yang berasal dari APBN, sedangkan Alokasi Dana Desa (ADD) bersumber dari APBD Kabupaten/Kota. Selain itu, Desa juga bisa memperoleh pendapatan dari Pendapatan Asli Desa (PAD) dan juga Bagi Hasil Pajak dan Retribusi (BHP/R).

BACA JUGA :

Share and Enjoy !

Shares