BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Cuaca yang tidak menentu yang berakibat kondisi cenderung lembab menjadi salah satu penyebab serangan hama Wereng terhadap tanaman padi. Petani Desa Brangol, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi mewaspadai serangan wereng coklat yang sering menyerang tanaman padi sehingga dapat menyebabkan puso atau gagal panen.


Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) “Sido Mukti”, Sunarto mengatakan “Sejauh ini masih normal belum ada persawahan padi di Desa Brangol yang terserang hama Wereng, kalaupun ada baru sebagian kecil tanaman padi petani yang kena, namun kami imbau harus jaga-jaga terhadap serangan hama ini,” kata Sunarto, Minggu (21/02).

Ketua Gapoktan Sido Mukti Desa Brangol, Sunarto turun lamgsung ke sawah menunjukkan serangan wereng coklat.


Menurut dia, tanaman padi yang terserangan hama wereng coklat terlihat tanda-tandanya seperti daun menguning kemudian tanaman mengering di dalam satu hamparan. Di sebutkan beberapa jenis hama Wereng yang biasa menyerang tanaman padi seperti Wereng Coklat, Wereng hijau dan Wereng loreng, Yang tergolong hama utama penyerang fisik tanaman padi yakni hama Wereng coklat.

Serangan wereng coklat di sebagian kecil area persawahan Desa Brangol yang di temukan Sunarto


Sementara hama Wereng hijau dan loreng hanya menyebarkan virus yang bisa membuat tanaman padi menjadi kerdil dan bulir tidak berisi
Selain hama Wereng ada juga penyakit Blas yang sering di temukan di sawah irigasi maupun tadah hujan, penyakit ini hampir menyerang tanaman padi di semua tahap atau fase.
Untuk itu pihaknya menghimbau supaya petani tetap waspada dengan adanya hama Wereng dan penyakit Blas dan aktif melakukan pengendalian hama melalui pengawasan rutin. (bas)

BACA JUGA :

Share and Enjoy !

Shares