BRANGOL.NGAWIKAB.ID- Rapat koordinasi gabungan HIPPA Pondok Tirto jaringan irigasi Waduk Pondok menyepakati rencana sebar benih musim tanam kedua akan dimulai 1 hingga 5 Maret 2021.

Kesepakatan tersebut merupakan hasil musyawarah antara gabungan HIPPA Pondok Tirto dengan Unit Pengelola Bendungan Waduk Pondok yang digelar di Kantor Balai Pengairan Kedungprahu, Selasa (23/02).

Musyawarah tersebut merupakan tindak lanjut rapat internal yang dilakukan oleh gabungan HIPPA pekan lalu (15/02). Kesepakatan yang masih harus ditindaklanjuti dengan menghadirkan Unit Pengelola Bendungan Waduk Pondok. Karena otoritas pengelolaan Waduk Pondok berada dibawah Pengelola DAS (Daerah Aliran Sungai) Bengawan Solo.

Hadir dalam musyawarah, Suparman (Petugas Unit Pengelola Bendungan Waduk Pondok), Ketua Gabungan HIPPA Pondok Tirto, Suji dan beberapa perwakilan HIPPA dari desa-desa pemanfaat saluran irigasi Waduk Pondok, seperti Desa Brangol, Campurasri, Sambiroto, Kedungprahu, Bintoyo dan desa lainnya.

Dalam sambutannya ketua gabungan Hippa”Pondok Tirto”, Suji mengatakan “Memang program tanam sengaja maju dengan harapan bulan Juni nanti bisa tebar benih dan Juli sudah bisa garap lahan.” terang Suji

Para Ketua Hippa Desa Jaringan Irigasi Wasuk Pondok

Dalam musyawarah juga disepakati kebutuhan irigasi Waduk Pondok akan dibuka saat pengolahan lahan yang diperkirakan akan dimulai tanggal 15-30 Maret 2021. Mengingat persediaan air waduk atau air yang bisa digunakan 14.617.525mᶟ. maka kebutuhan irigasi saat sebar benih dapat diupayakan sendiri oleh para petani, mengingat curah hujan masih cukup tinggi di wilayah Kabupaten Ngawi. Namun tidak menutup kemungkinan akan dibuka apabila petani mengalami kesulitan air saat sebar benih.

BACA JUGA :

Share and Enjoy !

Shares