BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Ngawi merupakan kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Wilayahnya masih didominasi kenampakan alam dan udaranya juga sejuk karena terletak di dataran tinggi.
Untuk pariwisata, Ngawi mengandalkan keindahan alam. Salah satu yang paling populer adalah wisata air terjun. Namun selain itu masih ada lagi objek wisata lainnya yang sayang bila dilewatkan.

7 Objek wisata Ngawi yang wajib kamu kunjungi.

  1. Kebun Teh Jamus

Kebun Teh Jamus cukup populer bagi warga Ngawi. Agrowisata ini teletak di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine. Lokasinya berbatasan dengan Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Sama seperti namanya, agrowisata ini menawarkan pemandangan kebun teh yang luas dan bentuknya berundak seperti candi. Undakan di sana pun dinamai Borobudur Hill atau Bukit Borobudur.

Tinggi bukit ini mencapai 35,4 meter sehingga butuh usaha ekstra untuk mencapainya. Tapi begitu sampai di puncak, rasa lelah bakal terbayar dengan pemandangan kebun teh nan cantik. Wow!

Jangan khawatir, bila tak ingin mendaki Bukit Borobudur, anda juga bisa bersantai di Air Terjun Sumber Lanang yang masih berada di lokasi itu. Di sana juga ada kolam renang yang sumber airnya langsung dari air terjun tersebut.

  1. Air Terjun Pengantin

Air Terjun Pengantin Ngrambe terletak di balik Kebun Teh Jamus dan menjadi objek wisata yang juga digemari wisatawan. Air terjun yang memiliki tinggi 12 meter itu menyimpan mitos yang bikin wisatawan makin tertarik untuk datang.

Konon, jika wisatawan datang bersama pasangan ke air terjun ini, hubungannya akan langgeng sampai ke pelaminan. Jika sudah menjadi suami istri, hubungan juga makin awet.

3. Air Terjun Srambang

Air terjun lainnya yang tak kalah populer adalah Air Terjun Srambang yang terletak di kaki Gunung Lawu. Air terjun ini tak cuma asri tapi juga sudah dilengkapi dengan spot foto kekinian untuk wisatawan, seperti rumah pohon, payung warna-warni, hingga frame foto berbentuk hati.

Air Terjun Srambang juga memiliki mitos tersendiri. Konon, air terjun ini merupakan tempat mandi bidadari kayangan termasuk Dewi Nawang Wulan. Wisatawan yang datang ke sana seringkali membawa pulang air dengan memasukkannya ke dalam botol karena dipercaya dapat membawa berkah.

  1. Air Terjun Suwono

Air Terjun Suwono terletak di Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe. Air terjun ini terletak di antara hutan pinus namun sudah dilengkapi fasilitas yang memadai mulai dari jalan yang dipaving, toilet, hingga gazebo untuk bersantai.

Uniknya, air di air terjun ini bisa langsung diminum. Warga di sekitar Air Terjun Suwono pun memanfaatkan air yang ada di sana untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Airnya juga tak pernah surut meski sedang kemarau.

  1. Waduk Pondok

Mau wisata sambil memancing, bisa datang ke Waduk Pondok yang terletak di Desa Dero, Kecamatan Bringin. Anda dapat memancing berbagai jenis ikan, mulai dari ikan tawes, ikan tombro, dan ikan bandeng.

Selain itu, pemandangan yang memperlihatkan hutan jati dan mahoni lengkap dengan tebing-tebing alami juga semakin mempercantik kawasan itu.

  1. Waduk Sangiran

Waduk lainnya yang kalah cantik adalah Waduk Sangiran. Waduk ini dilengkapi dengan taman apung yang disebut sebagai taman bambu air. Wisatawan juga dapat mengelilingi waduk tersebut menggunakan perahu.

  1. Museum Trinil

Museum ini dibangun oleh pejabat kedokteran tentara Belanda yaitu Eugene Dubois. Jika masih ingat pelajaran sejarah, Eugene Dubois pertama kali menemukan fosil Pithecanthropus Erectus.

Museum Trinil memamerkan berbagai fosil manusia purba dan juga hewan seperti tanduk banteng, gajah zaman purba, hingga harimau purba.

Sumber : detik travel

BACA JUGA :

Share and Enjoy !

Shares