BRANGOL.NGAWIKAB.ID- Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono menyatakan akan mendukung upaya pengembangan potensi wisata yang ada di Kabupaten Ngawi.

Hal itu diungkapkan Ony saat melangsungkan webinar bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno melalui Zoom Meeting dari ruang Command Center Kabupaten Ngawi, Senin malam (01/03).

Ony mengatakan, kegiatan pariwisata akan menimbulkan dampak yang luas bagi pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Ngawi.

“Ada beberapa kegiatan pariwisata yang tentu saja akan kita suport ke depan bagaimana Ngawi terus berbenah, terus mempercantik diri, sehingga kegiatan ekonomi kreatif warga masyarakatnya bisa ditopang lewat multiplier effect dari kegiatan pariwisata. sehingga seiring sejalan apa yang menjadi program prioritas kabupaten ngawi bisa terfasilitasi dengan baik,” ungkap Ony.

Ony menambahkan, Pemerintah Kabupaten Ngawi akan fokus pada pengembangan dunia agro. Mengingat sebagian besar masyarakat Ngawi hidup di sektor pertanian. Sektor agro menyumbang lebih dari 34% PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Kabupaten Ngawi.

“Kabupaten Ngawi akan fokus di pengembangan dunia agro karena PDRB kita, Kabupaten Ngawi ini 34% lebih itu pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan dan sektor industri bidang argo. Alhamdulillah Ngawi ini menjadi menjadi lumbung pangan nasional keenam. Jadi dengan industri pengolahan padinya, itu rata-rata pertahun 850 ribu ton pertahun. Sehingga mayoritas 70% lebih masyarakatnya berprofesi sebagai petani, buruh tani, pengusaha tani dan kegiatan perdagangan di dunia pertanian,” lanjut Ony.

BACA JUGA :

Bupati yang baru saja dilantik 26 Februari kemarin menyebutkan, potensi pariwisata di Ngawi terbagi menjadi dua zonasi, yakni Jatipangawitan dan Kenebejo.

Zona Jatipangawitan meliputi jalur di Kecamatan Karangjati, Padas, Ngawi Kota, Widodaren dan Mantingan. Zona yang yang dilalui jalan nasional ini menyajikan wisata belanja berbasis UMKM dan ekonomi kreatif, heritage (warisan budaya) dan kepurbakalaan.

Sedangkan zona Kenebejo merupakan destinasi wisata yang berada di lereng barat Gunung Lawu yaitu Kecamatan Kedunggalar, Sine, Ngrambe dan Kedunggalar. Zona ini menghadirkan destinasi wisata alam berbasis desa dan wisata agro, salah satunya Agro Tekno Park yang ada di Kecamatan Ngrambe.

Webinar Bupati Ngawi bersama Sandiaga Uno tersebut juga diikuti para pelaku usaha ekonomi kreatif, UMKM, kesenian dan perhotelan. Selain itu, turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut pejabat publik Deputi Bidang Destinasi Wisata dan Infrastruktur dan beberapa kepala dinas terkait di lingkup Kabupaten Ngawi.

Share and Enjoy !

Shares