BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Indeks Desa Membangun (IDM) merupakan Indeks komposit yang dibentuk dari Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi Desa. Tujuan Indeks Desa Membangun (IDM) yaitu untuk menetapkan status kemajuan dan kemandirian Desa serta menyediakan data dan informasi dasar bagi pembangunan Desa.
Status Kemajuan dan Kemandirian Desa digunakan sebagai ukuran pengklasifikasian Desa dalam rangka menentukan intervensi baik anggaran maupun kebijakan pembangunan Desa. Berikut merupakan 5 (lima) status Desa :

  1. Desa Mandiri
  2. Desa Maju
  3. Desa Berkembang
  4. Desa Tertinggal
  5. Desa Sangat Tertinggal

Untuk tahun 2021 IDM dengan mengisi kuisioner yang dapat diunduh di http://idm.kemendesa.go.id/.

Desa Brangol Kecamatan Karangjati melaksanakan pengisian data IDM online yang di laksanakan oleh Sekretaris Desa Brangol, Basuki, S.Sos bersama Pendamping Desa Kecamatan Karangjati, Edy Kusmartono pada hari Rabu (03/03) yang bertempat di Kantor Desa Brangol.

Dalam kegiatan tersebut Edy Kusmartono menyampaikan pentingnya input kuesioner IDM setiap Desa,untuk mengetahui klasifikasi status Desa .Beliau juga menyarankan setiap Desa dalam input Data harus sesuai di lapangan,jangan sampai menutupi kekurangan Desanya dan melebih-lebihkan tentang informasi yang ada di Desanya karena berpengaruh pada anggaran Desa yang akan diterima.

“ Tujuan dari IDM yang salah satunya untuk menetapkan status kemajuan dan kemandirian Desa serta menyediakan data dan informasi dasar bagi pembangunan Desa. Indeks Desa Membangun (IDM) di susun untuk mendukung upaya Pemerintah dalam menangani pengentasan Desa tertinggal dan peningkatan Desa Mandiri. Dan di dalam IDM bisa di ketahui empat hal tentang Desa yaitu pertama profil Desa,kedua nilai status perkembangan Desa,ketiga indikasi kebutuhan Desa dan keempat rekomendasi kegiatan,program dan anggaran.” Terang Edy Kusmartono.

Setelah melakukan input Kuesioner dengan didampingi Pendamping Desa, pengukuran IDM sesuai dengan Standart Operasional Prosedur (SOP) pengukuran status perkembangan desa IDM dengan hasil sebagai berikut :

Sehingga Desa Brangol, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi, ditetapkan dengan status BERKEMBANG.

Share and Enjoy !

Shares