BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Pendataan keluarga merupakan kegiatan lima tahunan BKKBN untuk mendapatkan data keluarga Indonesia. Hal ini sesuai dengan Undang-undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Diperkuatnya dengan PP Nomor 87 Tahun 2014 Tentang Perkembangan Kependudukan Keluarga, Keluarga Berencana dan Sistem Informasi Keluarga.

Tim Penyuluh KB Balai Penyuluhan KB Kecamatan Karangjati melaksanakan kegiatan Orientasi atau Pelatihan Teknis Pendataan Keluarga Tahun 2021 di bagi dalam 3 tempat yaitu di Brangol, Karangjati dan Jatipuro untuk wilayah Kecamatan Karangjati.

Orientasi Pendataan Keluarga di Desa Brangol di ikuti 5 desa yaitu Desa Brangol, Gempol, Danguk, Sidorejo dan Campurasri dengan jumlah calon kader pendata 30 orang, bertempat di aula pertemuan Desa Brangol, Selasa (16/03).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Desa Brangol, yang diwakili Sekretaris Desa, Basuki, S.Sos. Dalam sambutannya mengharapkan, agar peserta pelatihan hendaknya mengikuti dengan seksama sehingga pada saat pendataan di lapangan tidak menemui kesulitan, sebab pendataan ini ingin memperoleh data keluarga by name by address untuk dipergunakan dalam penetapan sasaran dan optimalisasi operasional Program Pembangunan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

“Pendataan keluarga sangat penting, kepada calon petugas lapangan atau pendata, sebagai ujung tombak pelaksanaan program bersama-sama Kader KB serta masyarakat untuk menyukseskan pendataan keluarga pada tahun 2021, sehingga menghasilkan data yang valid dan berkualitas,” terang Basuki, S.Sos.

Sementara Koordinator PLKB Kecamatan Karangjati, Agus Wihermanto, SH. menyampaikan manfaat dari pendataan keluarga yaitu diperolehnya data basis keluarga dan anggota keluarga yang dapat memberikan gambaran secara tepat dan menyeluruh keadaan di lapangan sampai ke tingkat keluarga tentang hasil-hasil pelaksanaan program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga yang dapat digunakan untuk kepentingan operasional.

“Pendataan Keluarga dilakukan dengan wawancara langsung dan observasi melalui kunjungan rumah ke rumah, dimulai tanggal 1 April 2021 berakhir pada tanggal 31 Mei 2021.” Jelas Agus Wihermanto,SH


Kemudian di lanjutkan dengan pemberian materi terkait pendataan keluarga meliputi; Mekanisme tata cara pendataan keluarga dan Petunjuk pengisian Formulir Pendataan Keluarga (FPK) tahun 2021.

BACA JUGA :

Share and Enjoy !

Shares