BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Pemerintah akan memperpanjang pemberian stimulus listrik berupa diskon tarif bagi masyarakat hingga Juni 2021. Dengan catatan, pemberian diskon ini hanya dikenakan separuh dari dari tarif listrik promo sebelumnya.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rida Mulyana, menjelaskan pemberian diskon ini mengalami pemangkasan hingga 50 persen.

“Untuk triwulan II dengan membaiknya perekonomian nasional, diputuskan pemberian diskon tarif golongan rumah tangga, industri dan bisnis kecil akan diberikan sebesar 50 persen, tidak lagi 100 persen,”  dikutip Jumat (26/03).

Mengutip catatan PT PLN (Persero), stimulus  untuk pelanggan golongan rumah tangga daya 450 VA, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA mengalami diskon listrik sebesar 50 persen (pascabayar). Untuk pelanggan prabayar, diskon tarif diberikan sebesar 50 persen saat pembelian token.

Sementara untuk pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi, rekening tarip diberikan diskon 25 persen, turun dari sebelumnya sebesar 50 persen.

Untuk pelanggan prabayar, diskon diberikan 25 persen saat pembelian token.”Selain stimulus, mereka juga tetap menerima subsidi. Subsidi kan sudah jalan lama sebelum adanya Covid-19, setelah adanya Covid-19 diberikan stimulus, sebagai stimulan,”

Kemudian, pembebasan biaya beban atau abonemen serta pembebasan penerapan ketentuan rekening minimum mengalami pemangkasan menjadi 50 persen. Prinsipnya yang akan diberikan di triwulan II ini 50 persen dari yang diberikan di triwulan I.
Sumber : Liputan6.com

BACA JUGA :

Share and Enjoy !

Shares