BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko berharap desa yang tidak memiliki potensi sumber daya pariwisata bisa mengoptimalkan potensi yang lain. Hal itu seperti disampaikan Wabup Antok seusai membuka acara launching hasil karya karang taruna Giri Lestari di Desa Giriharjo Kecamatan Ngrambe, Senin (29/03).

Dikatakan Wabup Antok, desa bisa mengoptimalkan potensi seperti pertanian yang bisa menjadikan branding agrowisata bagi desa tersebut.”Yang tidak memiliki sumber daya pariwisata bisa mengoptimalkan sumber daya yang lain baik itu di agrowisata, wisata pertanian maupun branding yang lain,” terang Wabup Antok

Potensi yang dioptimalkan itu diharapkan Wabup Antok bisa memberikan dampak positif berupa koneksi dengan desa yang memiliki destinasi wisata. “Sehingga alur wisatawan itu bisa terkoneksi dengan baik,” ungkapnya.

Baca juga : Sukses Digitalisasi Pengadaan Barang dan Jasa, Pemdes Dempel Ngawi Dapat Apresiasi Pakdhe Karwo

Sebagaimana Desa Giriharjo yang ada di Kecamatan Ngrambe adalah salah satu desa yang mengoptimalkan potensi perkebunan buah durian. Desa ini dikenal sebagai desa wisata petik durian yang mampu menopang pariwisata lain di sekitar Desa Giriharjo.

“Wisata petik durian di Desa Giriharjo menopang daerah pariwisata disekitar Desa Giriharjo seperti Srambang, Air Terjun Pengantin, Suwono, jadi itu menunjang pariwisata disekitar sini,” ungkapnya.

Baca juga : Bupati Ngawi Lantik 10 Kepala Desa Terpilih, Dengan Prokes Ketat

Selain wisata petik durian, Desa Giriharjo juga mengembangkan beragam potensi lain. Potensi itu berupa peternakan, kerajinan bambu hitam, produk olahan buah hingga tanaman bonsai. Beragam potensi itu dikelola oleh karang taruna Giri Lestari Desa Giriharjo.

Salah satu yang menarik adalah pengembangan potensi peternakan kelinci, hasil karya karang taruna Giri Lestari ini bahkan telah di ekspor hingga Filipina.

Dikatakan Wakil Bupati Ngawi Antok, beragam inovasi yang dikembangkan oleh karang taruna Giri Lestari diharapkan bisa menjadi salah satu model bagi karang taruna di desa lain untuk dikembangkan di desa masing-masing.
Suara Ngawi.

Share and Enjoy !

Shares