BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Sungguh nikmat terasa saat berbuka puasa. Apalagi telah menahan diri dari lapar dan haus dari pagi hingga magrib. Kenikmatan yang demikian luar biasa tak akan terasa seandainya perut terus-menerus dalam kekenyangan.

Sepatutnya dalam keadaan demikian, kita bukan hanya mampu meresapi bagaimana beratnya hidup orang-orang yang sering kelaparan di dunia ini. Tetapi juga semakin mampu merasakan betapa besar nikmat yang Allah berikan di dunia ini kepada hamba-hambaNya. Sehingga kita menjadi hamba-hamba yang senantiasa bersyukur.

“Orang yang berbuka puasa mempunyai dua kebahagiaan yang bisa ia rasakan; kebahagiaan ketika ia berbuka dan kebahagiaan ketika ia bertemu dengan Rabb-nya karena puasa yang dilakukannya” (HR. Bukhari & Muslim).

Adanya pengalaman langsung masing-masing tersebut, kita sepantasnya semakin peka terhadap orang-orang yang kurang beruntung. Kita perlu mengajak mereka untuk sama-sama merasakan bagaimana nikmatnya berbuka dengan rezeki yang kita peroleh. Itulah di antara cara berbagi kebahagiaan dengan sesama hamba sekaligus bersyukur kepada Allah.

Share and Enjoy !

Shares