BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Para petani di Dusun Puntuk, Desa Brangol, Kecamatan Karangjat terus berupaya membasmi hama tikus yang menyerang areal persawahan mereka. Kali ini, mereka menggunakan alat baru bernama emposan asap.

Alat emposan baru berbentuk rudal asap ini terbukti efektif membunuh hama tikus dalam sekejap. Penggunaan alat tersebut terbilang mudah. Yakni, dengan mengisi tabungnya dengan bubuk belerang, jerami kering atau areng kemudian dibakar lalu tuas dengan pemutar otomatis menggunakan aki

Asap dari pembakaran tersebut lantas dimasukkan pada lubang tikus di sawah dan ditutup dengan tanah. Dalam sekejap, induk dan anakan tikus mati di tempat.

Baca Juga : Petani Desa Brangol Lakukan Gropyokan dan Pengasapan, Ratusan Hama Tikus Berhasil Dibasmi

Pembuat alat emposan ini, Pangat mengatakan, penggunaan alat emposan terbukti lebih efektif dan aman dibanding dengan metode lain. Seperti perangkap kawat listrik, racun, maupun burung hantu. “Alatnya mudah dipakai dan murah. Tadi banyak tikus yang mati dengan alat ini,” ujarnya.

Dikatakan Pangat , Petani akan gotong royong membasmi hama tikus setiap satu minggu sekali. “Kami juga sedang mengembangkan alat emposan ini agar lebih praktis dan bahan bakar asap yang mudah di dapat ” katanya.

Sementara itu Kepala Desa Brangol, Harun Alrasyid mengaku sangat mendukung penggunaan alat emposan. Dirinya bahkan ikut terjun ke area sawah untuk membantu petani. “Alatnya praktis dan simple, Kami berharap hama tikus bisa hilang sehingga hasil panen petani bisa melimpah,” katanya.

Share and Enjoy !

Shares