BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Sudah tradisi, ziarah kubur sebelum Ramadhan tiba. Tanpa kecuali di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dr. Radjiman Wedyodiningrat Ngawi. Ahli waris para pahlawan menziarahi makam leluhurnya. Bunga mawar, melati, cempaka, kenanga dan daun pandan menghiasi pusara yang berjajar rapi. “Saya nyekar ke makam Bapak,” kata Anna Puspawati Lahay, seorang pezirah di TMP, kemarin (12/4).

Bapak Anna Lahay duhulu seorang pejuang kemerdekaan, sejak kecil dulu kerap diajak berziarah ke TMP untuk melakukan ziarah dan tabur bunga sebagai wujud penghormatan dan penghargaan bagi pahlawan yang telah gugur dalam merebut dan mepertahankan kemerdakaan Negara ini. Apalagi setelah meninggal Bapaknya di makamkan di TMP. Sebulan sekali, menjelang Ramadhan dan Lebaran, Anna Lahay dan keluarga selalu rutin nyekar. Dia tak lupa berselfie di TMP sebelum berkirim foto ke adiknya yang berada diluar kota, “Untuk obat kangen orang tua dan keluarga di kampung halaman,” ujarnya.

Penjaga TMP selalu menjaga kebersihan, sepekan sebelum Ramadhan sudah terliihat bersih dan rapi. Dia berharap peziarah nyaman. Pun, makam pahlawan biasanya juga mendapat jatah taburan bunga dari pengunjung. Semoga damai di sana para Pahlawanku.

Share and Enjoy !

Shares