BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Bersih Desa atau Nyadran merupakan adat budaya Jawa yang diturunkan secara turun temurun oleh sesepuh jawa. Ritual bersih merupakan wujud bersatunya manusia dengan alam dan wujud rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa atas segala limpahan rahmadNya, dari hasil panen, kesehatan, dan kesejahteraan juga sebagai permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan warga desa.

Bersih Desa dilaksanakan satu kali dalam setahun setelah musim panen dan sebelum Muharam atau Asyura. Hari pelaksanaanya pun tidak sembarangan ditentukan, melainkan ada hari-hari tertentu di dalam kalender Jawa yang merupakan hari sakral untuk melaksanakan Ritual Bersih Desa. Seperti yang dilaksanakan di Desa Brangol, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi. Untuk tahun ini di laksanakan pada hari Senin Kliwon, tanggal 24 Mei 2021 bulan Syawal.

Kegiatan Nyadranan di hadiri Kepala Desa, Sekretaris Desa, Perangkat Desa, BPD, Bhabinkamtibmas dan semua tokoh masyarakat. Kegiatan di pimpin tokoh agama dari Kasi Pelayanan Desa, Teguh Dwi Prasetyo, S.Pd.I.

Adapun Rangkaian Kegiatan Tradisi “Bersih Desa” di Desa Brangol dilaksanakan di beberapa tempat yaitu :

  1. Sendang Puntuk di dusun Puntuk, konon ceritanya adalah Makam Leluhur yang babad dusun Puntuk. Di laksanakan Pukul 07:30 – 08:00 Wib.
  2. Punden Brangol di Dusun Brangol, merupakan makam leluhur yang babad dusun Brangol dan Makam Kepala Desa pertama, dilaksanakan Pukul 08:00-09:00 Wib.
  3. Makam Dusun Brangol, merupakan tempat pemakaman umum yang berada di Dusun Brangol. Dilaksanakan pada jam 09:00 – 10:00 Wib.
  4. Makam Dusun Puntuk, merupakan pemakaman umum leluhur yang berada di Dusun Puntuk, di laksanakan pada Jam 10:00 – 11:00 Wib.
  1. Kantor Desa Brangol, merupakan tradisi Nyadranan untuk Kepala Desa dan Perangkat Desa dengan tujuan mengharapkan kelancaran dalam pemerintahan desa, di laksanakan setelah jam 11:00 – selesai.

Biasanya di tutup dengan Pengajian umum Bersih Desa, Berhubung dalam masa pandemi covid-19 kegiatan pengajian di tiadakan tetapi tetap dilaksanakan Khataman Alquran di setiap Musholla. Dengan telah dilaksanakannya ritual Bersih Desa semoga bermanfaat dan keselamatan dan kesejahteraan melimpah ke semua warga masyarakat

Share and Enjoy !

Shares