BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Tahapan ujian pengisian perangkat desa melalui sistem penjaringan dan penyaringan Desa Brangol Kecamatan Karangjati telah mencapai puncaknya. Ujian yang ditunggu kurang lebih 4 Bulan untuk mengisi kekosongan perangkat desa berlangsung hari ini, Sabtu (05/06). Para peserta ujian bersaing ketat sehingga hasilnya bisa dibilang sangat kompetitif. Hal itu dilihat dari selisih nilai antar peserta tidak terlampaui jauh antara pemenang dan ranking berikutnya.

Ketua Tim Pengisian Perangkat Desa Brangol, Basuki, S.Sos mengatakan, pelaksanaan tahapan ujian ini dapat berjalan lancar. Hingga ujian dan evaluasi berakhir semua peserta menerima hasil dengan puas karena semua tahapan sudah sesuai aturan yang berlaku.

“Alhamdulillah, pelaksaan ujian bisa berjalan lancar, dari total 23 peserta semua menerima hasil dengan lapang dada,” kata Basuki, S.Sos.

Camat Karangjati, Wahyu Sri Kuncoro, AP memberikan sambutan dan apresiasi dalam ujian Perangkat Desa Brangol

Ada 2 formasi jabatan perangkat yang diisi yaitu Kepala Dusun Puntuk diikutin14 peserta dan Kepala Dusun Brangol diikuti 9 peserta. Sedangkan pihak ketiga yang diajak kerjasama untuk membuat soal adalah akademisi Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS).

“Ujian ini murni dilakukan dengan transparan, soal yang dikerjakan murni dari pihak ketiga akademisi UNS. Peserta yang mendapat nilai tertinggilah yang menjadi pemenang dan menduduki jabatan sebagai perangkat desa,” ucapnya.

Hasil dari ujian, lanjutnya, akan dibuatkan berita acara dan hasilnya akan dilaporkan dan diketahui oleh kepala desa untuk diteruskan ke kecamatan dan Dinas Pembedayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Ngawi.

“Atas nama pemerintah desa, saya berharap peserta yang menjadi pemenang bisa amanah dan berdedikasi tinggi dalam melayani masyarakat,” katanya.

Ujian Perangkat di Desa Brangol sedikit mengalami kendala dalam awal pelaksanaan terkait internet dan laptop. Padahal dalam simulasi kemarin lancar. Namun, dapat diatasi dengan cepat oleh Tim sehingga dilaksanakan dengan baik mulai dari keamanan soal ujian hingga pengerjaan usai.

“Semua pihak saling membantu, mengamankan dan memberikan pengawasan secara maksimal. Ini kita lakukan agar kepercayaan terhadap hasil bisa diterima seluruh peserta dan masyarakat pada umumnya,” ungkap pria yang menjabat sebagai sekretaris desa ini.

Suasana pembacaan pemenang ujian Perangkat Desa Brangol Tahun 2021 di aula pertemuan desa.

Hasil dari ujian perangkat di saksikan live oleh masyarakat secara bertahap dalam lima sesi atau per materi ujian, bahkan pesertapun juga mengetahui berapa nilainya sehingga persaingan sangat menegangkan dari awal sampai akhir namun tetap sportif. Peserta yang mendapat nilai tertinggi dari hasil ujian pengisian perangkat Desa Brangol adalah sebagai berikut: Kepala Dusun Puntuk adalah Siti Wulandari dengan nilai 88 dan Kepala Dusun Brangol adalah Sarwono dengan nilai 86.

BACA JUGA :

Share and Enjoy !

Shares