BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Mengantisipasi krisis air pada musim kemarau dan gagal panen Pemerintah Desa Brangol, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi melaksanakan program desa terbaik dengan membangun 3 sumur bor yang di beri nama BRATA SALON, BRAngol tirTA SAwah kuLON, sebagai sumber pengairan untuk areal persawahan dan areal pertanian. Pasalnya ketika kemarau tiba irigasi tidak dapat diandalkan karena mengering . Sumur bor bisa dikatakan sebagai cadangan ketika sawah dan lahan pertanian petani kekurangan suplai air.

Keberadaan sumur bor BRATA SALON yang di memiliki andil besar dalam upaya pencegahan atau penyelamatan lahan mengalami krisis air yang berujung gagal panen. Keberadaan sumur bor sangat membantu, sehingga proses penanaman padi dan sayur sayuran tetap bisa dilakukan bahkan pada zaat musim kemarau.

Pembuatan sumur bor BRATA SALON yang dilakukan secara swadaya dan bantuan pemerintah melalui Dana Desa dan Bantuan Keuangan serta dengan tenaga ahli profesional dengan kedalaman 60 meter tersebut, menjadi solusi minimnya pasokan air untuk kebutuhan lahan pertanian di wilayah Desa Brangol. Dengan inovasi ini, maka 275 petani bisa menikmati kemudahan dan manfaatnya.
Ada 4 manfaat utama sumur bor :

  1. Proses pembuatanya lebih cepat

Proses pembuatan sumur bor dengan pembuatan dan pemilihan mesin tertentu akan otomatis sumur bor mudah tentunya akan membuat proses pembuatan sumur tesebut akan lebih cepat,

  1. Tidak memakan tempat berlebihan

Manfaat berikutnya dari membuat sumur bor tidak memakan tempat yang berlebihan, hal tesebut tentunya disebabkan karena pembuatan sumur bor mengandalkan mesin untuk bisa membuatnya.

  1. Tidak mudah tercemar

Bahwa sumur bor tidak mudah tercemar. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan karena sumur bor mengunakan pipa, dipasang dan disambung secara teknik, dimana pipa-pipa ini akan mencegah berbagai kotoran maupun limbah untuk bisa masuk.

  1. Lebih praktis digunakan

Sumur bor lebih efeisien dan juga praktis sehingga tepat digunakan dimana saja

Fungsi sumur bor yakni

  1. Memenuhi kebutuhan air dalam dalam jumlah banyak.
  2. Kebutuhan air dapat tersedia secara stabil disegala musim.
    3.Tidak ada kekawatiran akan mengalami kekeringan.
  3. Sumur bor dapat memproduksi air dalam volume yang stabil.

BACA JUGA : RUKUN LELAYU GURUN MADUKARA DESA BRANGOL

Share and Enjoy !

Shares