BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Program Percepatan dan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) melaksanakan Musyawarah Desa I di Desa Brangol. Program ini merupakan program Padat Karya Tunai kepada petani pemakai air irigasi. Kegiatan musyawarah dilaksanakan di aula pertemuan Desa Brangol, Senin (02/08).

Dalam kegiatan Musyawarah Desa I tersebut hadir Kepala Desa Brangol, Harun Alrasyid, SE, Perangkat Desa, Ketua Hippa, Tokoh Masyarakat dan pendamping dari Program Percepatan dan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI). Kegiatan Musyawarah dipimping oleh Nur Ali Mafut selaku Ketua Hippa Tirto Tulodho Desa Brangol.

Program di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berharap mampu meningkatkan jaringan irigasi dan pemulihan ekonomi perdesaan melalui perbaikan/rehabilitasi/peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif yang mana melibatkan masyarakat untuk kedaulatan pangan.

Salah satunya adalah pembangunan irigasi air di kawasan pertanian di Desa Brangol. Di mana program Kementerian PUPR ini membangun infrastruktur kerakyatan seperti jaringan irigasi kecil sehingga air dapat mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani.

Program Percepatan dan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang berada di Desa Brangol ini adalah program pembangunan irigasi air sepanjang 300 meter. Dari volume pembangunan irigasi air ini diharapkan mampu melibatkan peran masyarakat secara partisipatif dalam bekerja dan program padat karya bisa berjalan maksimal sehingga mampu meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat petani.

Sementara itu, Pemerintah Desa Brangol berharap program seperti ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya karena merupakan kegiatan yang menjadi skala prioritas oleh Pemerintah Pusat yakni Program Swasembada pangan

Share and Enjoy !

Shares