BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Disaat pandemi covid 19 yang belum berakhir dan adanya penurunan level PPKM ke level 3 di Kabupaten Ngawi, Posyandu Mawar Dusun Puntuk, Desa Brangol, Kecamatan Karangjati melaksanakan kegiatan Posyandu balita dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat, dengan memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak kepada siapapun yang hadir di Posyandu di rumah Kepala Desa Brangol, Jum’at (10/09).

Kegiatan Posyandu Balita merupakan jenis pelayanan kepada anak usia 0 (nol) bulan sampai dengan 5 (lima) tahun berupa penimbangan, pengukuran tinggi badan, dan lingkar kepala. Posyandu balita dilakukan untuk memantau pertumbuhan balita. Hasil dari penimbangan kemudian dicatat di dalam KMS Balita, sehingga dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita. Setelah balita mendapatkan pelayanan kesehatan kader dan bidan desa, balita akan diberikan makanan tambahan berupa bubur kacang hijau, buah-buahan, makanan bergizi dan vitamin.

KMS merupakan Kartu Menuju Sehat yang digunakan untuk mencatat dan memantau perkembangan balita dengan melihat grafik perkembangan berat badan anak dari bulan ke bulan yang dilaksanakan oleh Kader Posyandu.

PMT Posyandu Mawar Dusun Puntuk, Desa Brangol

Pemeriksaan rutin kepada anak dan balita di bawah usia 5 tahun penting dilakukan karena untuk memantau kesehatan ibu dan anak, mengetahui apakah balita tumbuh sehat, mencegah gangguan pertumbuhan balita dan ibu akan memperoleh penyuluhan gizi pertumbuhan balita. Selain itu, pihak Posyandu juga dapat segera merujuk anak ke Puskesmas jika mengalami sakit demam, batuk, pilek dan diare, atau saat berat badan anak tidak naik dan berada di bawah garis merah.

Untuk itu Kegiatan Posyandu Balita di Dusun Puntuk Desa Brangol rutin tetap dilaksanakan setiap bulan setiap tanggal 10 (sepuluh) yang bertempat di rumah Kepala Desa.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh kader dan bidan desa serta bekerjasama dengan Puskesmas Karangjati . Adapun kegiatan Posyandu anak dan balita di Desa Brangol mendapatkan 5 pelayanan kesehatan utama yaitu:
• Kesehatan Ibu dan Anak
• Keluarga Berencana (KB)
• Imunisasi
• Gizi
• Pencegahan dan Penanggulangan Diare

Pemerintah Desa Brangol mempunyai tanggung jawab untuk menjamin setiap warga masyarakat termasuk anak dan balita untuk memperoleh pelayanan kesehatan dasar, oleh karena itu koordinasi kader, RT/RW, Perangkat Desa, Kepala Desa dan tokoh masyarakat terkait sasaran anak dan pelayanan kesehatan rutin dalam situasi pandemi COVID-19 tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol pencegahan covid-19.

Semoga dengan adanya kegiatan posyandu balita ini bisa menjadi langkah awal yang baik untuk mengetahui perkembangan balita guna membangun generasi penerus yang sehat.

BACA JUGA :

Share and Enjoy !

Shares