BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Dalam rangka mendukung program pemerintah dalam upaya pengendalian pandemi covid-19. Ratusan warga masyarakat Desa Brangol, Kecamatan Karangjati antusias mengikuti Vaksinasi tahap pertama vaksin jenis Astra zeneca yang dilaksanakan Pemerintah Desa Brangol bekerja sama dengan UPT Puskesmas Karangjati, bertempat di Aula pertemuan Desa Brangol. Selasa (21/09/).

Kegiatan vaksinasi dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Dalam arahannya, salah satu tenaga kesehatan UPT Puskesmas Karangjati Wiwik, S.KM memberikan himbauan kepada warga masyarakat agar dalam setiap kegiatan selalu menerapkan protokol kesehatan (5M) dalam setiap aktifitas kegiatan di lingkungan masyarakat dengan
memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas.

“Mohon untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan 5 M, vaksin yang akan digunakan nanti adalah vaksin Astra Zeneca. Berbeda dengan jenis vaksin Sinovac, efek samping Astra Zeneca ini lebih kuat, karena daya imunitasnya juga lebih kuat. Namun, bapak ibu tidak perlu khawatir, telah kami siapkan obat untuk mengurangi efek samping yang ditimbulkan”, ungkap Wiwik saat memulai kegiatan.

Ia menambahkan, pihaknya telah menyiapkan ruang observasi paska vaksinasi dan siap memberikan pelayanan tindak lanjut jika ditemukan hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada pelaksanaan vaksinasi kali ini, UPT Puskesmas Karangjati menyiapkan tim yang bekerja di pos masing-masing. Terdapat petugas mobile, entry PL, skrining, vaksinator, observasi dan entry data.

Vaksinasi dosis pertama kali ini menyasar pada masyarakat umum yang mempunyai mobilitas tinggi. Sampai berakhirnya kegiatan, tercatat 245 orang warga antusias mendaftarkan diri mengikuti vaksinasi. Sebanyak 238 diantaranya telah divaksin, dan 7 lainnya gagal karena tidak lolos skrining. Sebelumnya juga di laksanakan vaksin tahap kedua bagi lansia berjumlah 140 orang.

Dalam pelaksanaan vaksinasi ini turut dibantu oleh Perangkat Desa, PKK, pengamanan dari Babinkamtibmas, Babinsa Desa dan anggota dari Polsek Karangjati.

Vaksinasi massal ini dipantau langsung oleh Kepala Desa Brangol, Harun Alrasyid, SE.Dalam pantauannya mengingatkan kepada warga masyarakat untuk tetap melaksanakan Protokol Kesehatan walaupun sudah divaksin. Sementara itu, bagi yang belum menerima vaksin agar tetap bersabar menunggu dan berpartisipasi pada kegiatan vaksinasi yang akan datang.

BACA JUGA :

Share and Enjoy !

Shares