BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Dalam rangka monitoring dan evaluasi pelaksanaan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap III, IV, Dana Desa (DD) tahap II,III dan Bantuan KeuanganTahun 2021, Tim Monitoring dan Evaluasi pelaksanaan ADD dan DD dari Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan ADD – DD di Desa Brangol Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi, bertempat di aula Desa Brangol, Kamis, (23/12/2021)

Tim Monev dipimpin oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Karangjati, Supriyanto,AP. Hadir dalam acara tesebut Kepala Desa Brangol, Harun Alrasyid, SE, Sekretaris Desa, Perangkat Desa, BPD, TPK, Bendahara Desa dan KPMD. Disamping itu hadir pula lengkap Tim Pendamping Desa (PD) Kecamatan Karangjati, maupun Pendamping Lokal Desa (PLD) untuk Desa Brangol.

Kepala Desa Brangol sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Monev Kecamatan Karangjati. Dan berharap nantinya usai monev pengelolaan keuangan Desa, perangkat Desa bisa melaksanakan dengan baik, serta menerapkan apa yang menjadi arahan ataupun tetap berpedoman dengan regulasi yang ada, Permendagri No.20 Tahun 2018 tentang pengelolaan Keuangan Desa.

Diminta perangkat Desa memahami serta mengikuti materi yang disampaikan oleh Kasi Pemerintahan dan Kasi PMD Kecamatan Karangjati dalam hal ini memberikan materi mulai dari perencanaan, persentase realisasi, pelaporan dan pertanggungjawaban di dalam keuangan Desa. Capaian hasil progres untuk Desa Brangol yang lumayan bagus untuk di pertahankan.

Sementara itu Kasi Pemerintahan Kecamatan Karangjati, menegaskan bahwa monitoring dan evaluasi dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut dari kegiatan pembinaan administrasi pemerintahan desa yang telah dilaksanakan rutin setiap tahun. Disamping itu, monitoring dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan kinerja penyelenggaraan pemerintahan pada aspek perencanaan dan pelaksanaan kegiatan desa, organisasi kelembagaan pemerintahan desa, evaluasi serta pelaporan.

“Kegiatan monitoring penyenggaraan pemerintahan adalah kegiatan rutin yang kami lakukan setiap menjelang akhir tahun sebagai tindak lanjut dari kegiatan pembinaan administrasi sebelumnya diawal tahun untuk memonitor sejauh mana arahan kami diterapkan. Namun, jika masih dirasa ada yang kurang dipahami tentang penyelenggaraan pemerintahan, kami di Kecamatan membuka ruang seluas-luasnya untuk berkoordinasi dengan OPD Kecamatan”, terang Supriyanto,

Kegiatan Monitoring ini juga melakukan pengawasan dan turun langsung ke lapangan dengan melihat hasil fisik yang telah dilaksanakan dari pencairan tahap II dan III pada kegiatan sebagai berikut :

  1. Pembangunan Pavingisasi RT 05 RW 01 Dusun Puntuk.
  2. Normalisasi RT 08 RW 01 Dusun Puntuk.
  3. Pembangunan Pavingisasi RT 05 RW 02 Dusun Brangol.
  4. Drainase RT 02,03 RW 01 Dusun Puntuk

Dari hasil monev ada beberapa saran dan masukan untuk desa di sampaikan oleh Kasi Pemerintahan selaku ketua Tim. Di antaranya menjaga kualitas dan kuantitas pekerjaan sesuai dengan RAB, tertib administrasi dan menjaga progres tepat waktu serta melengkapi beberapa data pendukung yang belum lengkap.

Tanggapan Kepala Desa Brangol menerima baik saran, masukan Tim Monev dan akan secepatnya menindaklanjuti. agar pelaksanaan ADD dan DD di Desa Brangol lebih baik. Selanjutnya semoga untuk anggaran dana desa, alokasi dana desa maupun dana dari bantuan anggaran lainnya, dalam pemanfaatannya bisa gunakan dan bisa dikelola sebaik baiknya dalam penggunaan dana untuk pembanguna desa kedepannya, dengan tujuan Brangol maju bersama.

Share and Enjoy !

Shares