BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Mengawali tahun anggaran 2022 untuk mengoptimalkan dana desa (DD), guna mengantisipasi terjadinya banjir di pemukiman warga, Pemerintah Desa Brangol, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi membangun saluran drainase dengan memanfaatkan dana desa tahun anggaran 2022.

Pembangunan drainase tersebut terletak di RT.07/01, Dusun Puntuk. Penggunaan dana desa ini berdasarkan hasil kesepakatan antara Pemerintah Desa Brangol bersama BPD, LPMD dan tokoh masyarakat melalui musyawarah desa.

Pengerjaan Drainase RT 07 RW 01 Dusun Puntuk

Kepala Desa Brangol, Harun Alrasyid,SE, menilai pembangunan drainase ini akan sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat dari berbagai sisi dan aspek. Masyarakat akan mendapatkan berbagai keuntungan dalam pembangunan drainase ini karena sarana pembuangan air sangat diperlukan masyarakat.

“Menghadapi Curah hujan yang begitu tinggi sering mengakibatkan air menggenang di pemukiman warga. Hal ini berdampak buruk bagi kesehatan lingkungan/sanitasi hingga menimbulkan berbagai ancaman penyakit serius seperti diare, demam berdarah (DB) dan lain-lain, sehingga pembangunan drainase ini untuk segera di selesaikan.” Kata Harun Alrasyid, Kamis (31/03/22).

Untuk anggaran pembangunan drainase ini bersumber dari dana desa tahun 2022 sejumlah Rp. 67.535.000.00, dengan volume sepanjang kurang lebih 137 meter, selain untuk pemberdayaan masyarakat dan memenuhi sarana prasarana yang lain juga di prioritaskan untuk kegiatan percepatan penanganan covid dan pemulihan ekonomi.

Pembangunan drainase ini juga disambut gembira dan tanggapan positif oleh masyarakat setempat. Wahono (39th) salah satu warga RT 07 yang terdampak proyek, menilai pengerjaan drainase ini dampak sosialnya besar dan manfaatnya dapat di rasakan masyarakat. “Dengan drainase ini saluran air lancar, lingkungan menjadi indah tentunya sangat besar manfaatnya untuk kesehatan lingkungan,” paparnya. (bas)

Share and Enjoy !

Shares