BRANGOL.NGAWIKAB.ID – Masyarakat Desa Brangol, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi memiliki tradisi unik dalam menyambut bulan suci Ramadan. Adalah Ruwahan, atau sedekah ruwah yang merupakan upacara penyambutan kedatangan bulan suci Ramadan yang dilaksanakan di Mushola “Kamulyan” Dusun Puntuk, Minggu (270322).

Dalam tradisi ruwah di Mushola “Kamulyan”, semua elemen masyarakat seperti perangkat desa, tokoh masyarakat, ulama, ustad dan warga berduyun-duyun datang membawa tumpeng dalam wadah lengkap dengan lauk pauk dan ayam panggang.

Jamaah Musholla “Kamulyan” Dusun Puntuk dalam tradisi Ruwahan.

Nur Ali Mafut selaku imam Mushola “Kamulyan” mengatakan ruwah berasal dari kata ”arwah ”. Kegiatan ruwah yang dilaksanakan tiap tahun ini merupakan tradisi penghormatan kepada arwah para leluhur sebelum bulan Ramadhan yang berlangsung secara turun-temurun.

Ia menjelaskan tujuan ruwah adalah untuk memohon kepada Allah SWT agar arwah para leluhur yang telah meninggal dunia diampuni segala dosa-dosanya dan diberi tempat yang layak di sisi Allah SWT. Kemudian mendoakan kita supaya panjang umur dan murah rejeki serta sekaligus memperkuat iman kita.

Nur Ali Mafut yang juga sebagai Ketua BPD berharap agar seluruh warga masyarakat ikut melestarikan nilai-nilai kearifan lokal tradisi desa karena sarat nilai budaya dan agama.

“Mari kita kirim doa, kita doakan keluarga, saudara, kerabat, sahabat yang telah meninggal dunia semoga amal ibadah yang pernah dilakukan di dunia diterima disisi Allah SWT, dengan dilaksanakan ruwah ini artinya kita tetap melestarikan tradisi–tradisi tersebut dan mengajarkan kepada generasi muda untuk lebih menghargai kearifan lokal tradisi dan budaya kita,” kata Mas Nur Ali panggilan akrabnya.

Selanjutnya setelah dibacakan doa dan selesai acara kegiatan, semua tumpeng diserahkan kepada ibu-ibu jamaah untuk dibagikan kepada semua jamaah dan lingkungan dengan tertib. Tujuanya yaitu sebagai bentuk syukur atas rejeki yang telah diperoleh dan memohon keselamatan dan perlindungan dari Allah SWT. (bs)

Share and Enjoy !

Shares